Penuhi Stok Dalam Negeri, Presiden Minta Ekspor Masker Distop

Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)
Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta kebutuhan alat-alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer dipastikan tersedia. Presiden pun meminta ekspor masker dihentikan. 

Untuk diketahui, ekspor masker di tengah wabah virus corona yang melanda Indonesia malah naik. BPS mencatat kenaikan ekspor mencapai empat kali lipat dibandingkan biasanya.

Berita Terkait : Belum Ada Daerah Lockdown, Jokowi Minta Warga “Kunci” Tangan

"Untuk ekspor masker dan alat-alat kesehatan yang diberikan untuk ini lebih baik disetop terlebih dulu. Pastikan terlebih dahulu stok dalam negeri cukup," tegas Jokowi dalam rapat terbatas bersama Gugus Tugas Covid-19 di Istana Merdeka, Kamis (19/3). 

Jokowi juga meminta, jajarannya untuk memastikan ketersediaan bahan baku produksi alat kesehatan di dalam negeri supaya produksinya tak terganggu. "Kemudian juga ketersediaan bahan baku untuk produksi alat-alat kesehatan yang diperlukan dalam menghadapi situasi ini," titahnya. 

Berita Terkait : 5 Pemimpin Dunia Ajak Semua Kompak Lawan Covid-19

Selain itu, Jokowi juga meminta  ketersediaan dan stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat. "Saya kemarin sudah cek di Bulog, stok kita lebih dari cukup, kemudian saya kira Maret ini banyak daerah mulai panen raya, April juga masih panen raya sehingga penyerapan oleh Bulog juga agar diatur," beber Jokowi. [OKT]