RMco.id  Rakyat Merdeka - Seluruh personil PT Angkasa Pura II (Persero) di 19 bandara diwajibkan menggunakan masker kain sebagai bagian dari upaya mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Masker kain wajib digunakan personil yang bertugas mendukung operasional bandara sehari-hari, baik di sisi darat mau pun sisi udara. Seperti Aviation Security (Avsec), Terminal Inspection Services (TIS), Customer Service, Cleaning Service, Apron Movement Control (AMC), Officer in Charge (OIC) dan lain sebagainya. 

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta agar setiap orang yang keluar rumah memakai masker. Arahan itu disampaikan Kepala Negara pagi tadi, Senin (6/4) saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor.

Berita Terkait : Lion Air Group Mulai Resmikan Penerbangan Rute Makassar-Toraja

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, kebijakan penggunaan masker kain tersebut sudah mulai diterapkan per hari ini di seluruh bandara perseroan. “Personil PT Angkasa Pura II di 19 bandara yang bertugas mendukung operasional bandara mulai hari ini sudah mulai menggunakan masker kain. Sebelumnya personil di bandara menggunakan masker medis, atau mungkin masih ada yang belum menggunakan masker. Seiring dengan arahan pemerintah hari ini yang mewajibkan penggunaan masker bagi siapa pun, maka kami mewajibkan penggunaan masker kain ke seluruh personil perseroan di bandara. Paling lambat 1 x 24 jam ke depan seluruh personil PT Angkasa Pura II di 19 bandara sudah semuanya menggunakan masker kain,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (6/4).

Masker yang wajib digunakan adalah masker kain yang juga direkomendasikan menghalau penyebaran Covid-19. “Kami tidak menggunakan masker medis yang saat ini sangat dibutuhkan dokter dan tenaga medis. Setiap bandara PT Angkasa Pura II secara mandiri memenuhi kebutuhan masker kain bagi personilnya dengan spesifikasi antara lain dapat dipakai 4-5 jam dan bisa kembali digunakan setelah dicuci bersih dengan sabun,” ujar Muhammad Awaluddin.

Baca Juga : Cederanya Kambuh, Naomi Osaka Mundur dari Prancis Terbuka

Bandara PT Angkasa Pura II dengan jumlah personil operasional paling banyak adalah Soekarno-Hatta. Pada periode pembatasan operasional di tengah pandemi Covid-19, jumlah personil yang bertugas mendukung operasional Soekarno-Hatta berkisar 700-900 orang per hari. 

Mulai hari ini, personil-personil tersebut sudah menggunakan masker kain. “Besok, seluruh personil di bawah PT Angkasa Pura II yang mendukung operasional Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Terminal Kargo dan Non-terminal kami targetkan sudah menggunakan masker kain di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Agus Haryadi.

Baca Juga : Hari Kelima PSBB Jakarta, Rupiah Tetap Tokcer

PT Angkasa Pura II sangat berharap stakeholder lainnya di bandara yaitu maskapai, ground handling dan lain sebagainya juga mewajibkan masing-masing personilnya untuk menggunakan masker kain. [USU]