Layani Kebutuhan Di Rumah Aja, Anak Usaha KAI Luncurkan Aplikasi Lokomart

Tampak seorang petugaa Lokomart Reska sedang melayani pembelian konsumen via online. (Foto: KAI)
Klik untuk perbesar
Tampak seorang petugaa Lokomart Reska sedang melayani pembelian konsumen via online. (Foto: KAI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus menggalakkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi yang masih mewabah.

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk membatasi aktivitasnya, tidak bepergian ke luar rumah jika tidak mendesak.

PT Kereta Api Indoesia (KAI) ikut menerapkan berbagai impelementasi peraturan pemerintah. Termasuk membatalkan semua perjalanan kereta jarak jauh dan menengah.

Bukan hanya itu, KAI melalui anak perusahaannya yakni PT Reska Multi Usaha (RMU) turut memberikan inovasi agar masyarakat yang #dirumahaja tetap produktif dan sehat melalui layanan aplikasi Lokomart.

Lokomart merupakan aplikasi resmi RMU yang diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2020 bertepatan dengan pembukaan Loko Coffee Shop Purwokerto. RMU kemudian terus melakukan pengembangan, salah satunya yakni pada tanggal 10 April 2020 diluncurkanlah fitur layanan pesan antar.

Adapun penambahan fitur baru ini diluncurkan via ZOOM dikarenakan pandemik yang sedang melanda dan tidak memungkinkan adanya kerumunan dan keramaian.

Acara peluncuran tersebut diikuti oleh Prof. Suhono Harso Supangkat selaku Komisaris KAI, Edi Sukmoro selaku Direktur Utama KAI beserta jajarannya, Muhammad Sahli selaku PLT Direktur Utama RMU beserta jajarannya, dan seluruh perwakilan pekerja PT RMU dari Kantor Pusat hingga Branch Office 11 Medan.

Lokomart merupakan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. Fitur layanan pesan antar ini membantu agar masyarakat tidak perlu keluar untuk membeli makanan, cukup memesan dari rumah saja.

"Saat ini, semua menu Loko Café maupun menu yang disajikan di perjalanan kereta api dapat dipesan melalui aplikasi Lokomart,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Berita Terkait : Dukung Program Pemerintah, KAI Imbau Pengguna Kereta Api Tunda Mudik

Layanan Lokomart memiliki beberapa fitur dan layanan, sebagai berikut :

1. Sub menu “Anda di Loko” bagi pengunjung yang datang langsung ke Loko Cafe tanpa perlu antre di kasir, cukup scan barcode.

2. Sub menu “#dirumahaja” untuk layanan pesan antar ke rumah.

3. Sub menu “Catering” apabila ingin memesan menu catering dengan porsi keluarga.

4. Jam pengantaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan.

5. Pembayaran secara cashless dengan LinkAja dan Gopay.

6. Fitur Promo yang hanya dapat diakses melalui Lokomart.

7. Data dan informasi mengenai aplikasi Lokomart.

Adapun langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Lokomart sebagai berikut:

Baca Juga : Rupiah Jos Di Pasar Spot, Melemah Di Jisdor BI

1. Masuk ke Aplikasi Lokomart, pengguna akan diarahkan terlebih dahulu untuk registrasi dengan mengisi data nama dan alamat email.

2. Setelah log in, pengguna dapat memilih sub menu sesuai kebutuhan, baik saat sedang ada di Loko Cafe, #dirumahaja untuk layanan pesan antar, Catering untuk layanan catering dalam jumlah banyak, dan lain sebagainya.

3. Apabila ingin memesan layanan Catering, maka pengguna akan diarahkan chat dengan petugas di WA Center PT RMU untuk membantu langsung pemesanannya.

4. Apabila memilih layanan pesan antar #dirumahaja maka akan muncul lokasi Loko Cafe, Reskapau, atau Loko Cafe yang terdekat dari lokasi pengguna (dalam radius maksimal 10 Km) yang dapat dipilih sesuai keinginan.

5. Setelah memilih jarak Loko Cafe terdekat, akan muncul menu-menu makanan yang dapat dipilih dan jumlah yang dapat diisi sesuai keinginan pengguna dan masukkan ke keranjang.

6. Setelah selesai order maka akan ada rincian pemesanan dan konfirmasi alamat pengantaran, jika sudah tepat lanjutkan ke pembayaran.

7. Di dalam menu pembayaran akan ada pembayaran Cashless melalui LinkAja atau GoPay yang masing masing akan terkoneksi dengan aplikasi LinkAja atau GoPay di smartphone pengguna.

8. Akan ada notifikasi sukses setelah pembayaran berhasil dan dapat dicek melalui sub menu Transaksi untuk melihat history transaksi.

“Kemudahan dan manfaat yang ditawarkan Lokomart ini khususnya selama masa pandemik Covid-19 ini diharapkan dapat menjadi alternatif dan membantu masyarakat apalagi yang rindu dengan makanan di kereta api ataupun Loko Cafe namun tidak dapat bepergian," ungkap Edi.

Baca Juga : BPIP Turut Berduka, Didi Kempot Maestro Penyampai Pancasila

Edi menambahkan hingga 28 April 2020, jumlah total user aplikasi Lokomart sebanyak 5.915 user yang telah melakukan registrasi dan 596 user yang aktif melakukan transaksi.

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif dan membantu masyarakat untuk tetap dapat menikmati makanan favorit walau di rumah saja karena pesanan akan langsung diantar ke rumah.

Pesanan akan diantarkan oleh pramugari/pramugara kereta yang bertugas dengan tetap memperhatikan ketentuan keselamatan dan keamanan dalam berinteraksi sesuai protokol pencegahan Covid-19.

RMU mewajibkan petugas pengantaran untuk mencuci tangan sebelum dan setelah pengantaran, serta melengkapi mereka dengan menggunakan APD berupa sarung tangan dan masker.

Untuk pembayaran yang hanya dilayani secara cashless, yang bertujuan untuk mengurangi interaksi yang tidak diperlukan.

Adapun layanan pesan antar makanan melalui aplikasi Lokomart ini dapat dilayani di Loko Café berikut ini: Loko Café Bandung (Pintu Utara Stasiun Bandung); Loko Café Surabaya (Stasiun Kereta Api Gubeng Baru); Loko Café Yogyakarta (Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta); dan Loko Café Jakarta (Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Manggrai).

Melalui aplikasi Lokomart, konsumen juga berpeluang mendapatkan aneka promo makanan dan minuman.

"Untuk saat ini, pengguna selain Android yang tetap ingin memesan dapat mengakses website www.lokomart.id dengan fitur yang kurang lebih sama dengan tambahan dapat memesan untuk orang yang bahkan beda kota sekalipun," pungkas Edi. [SRI]