RMco.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel bersama Kementerian Agama (Kemenag) menghadirkan program Penyediaan Kuota Terjangkau. Program ini untuk mendukung madrasah di seluruh Indonesia mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar secara online.

Program ini sekaligus memberikan para pelajar, tenaga pengajar, dan karyawan pilihan paket kuoata data khusus dengan harga terjangkau di tengah. Kolaborasi ini ditandai dengan peluncuran Program Penyediaan Kuota Terjangkau Telkomsel untuk Madrasah yang diselenggarakan secara virtual bersama Kemenag platform CloudX pada 4 Juni 2020.

VP SME Management Telkomsel, Ericson Sibagariang mengatakan, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel berupaya menjadikan Penyediaan Kuota Terjangkau sebagai solusi penerapan pembelajaran jarak jauh dan meningkatkan ekosistem literasi digital di sektor pendidikan.

Berita Terkait : Gandeng Telkomsel, MCAS Luncurin DigiSaham

Direktur KSKK Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag, Ahmad Umar mengatakan, kerja sama ini sebagai salah satu upaya Kemenag dalam merespon tantangan keberlangsungan pembelajaran di madrasah pada era New Normal. “Sinergi strategis ini diharapkan dapat memudahkan akses pembelajaran siswa sekaligus meringankan beban orang tua dalam menghadapi dampak ekonomi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ericson menambahkan, terdapat dua pilihan paket data yang tersedia di dalam program Penyediaan Kuota Terjangkau, yaitu Society Package dan Bulk Package. Society Package merupakan paket data untuk pengajar dan tenaga pendidikan lainnya yang ada di lingkungan Madrasah dengan pilihan besaran kuota mulai dari 10 GB dan harga mulai dari Rp40.000. 

Sedangkan Bulk Package dapat dibeli oleh pengelola Madrasah dan memberikan ragam pilihan kuota data di dalamnya untuk para pelajar, baik itu yang menggunakan layanan prabayar maupun pascabayar Telkomsel. 

Baca Juga : Gandeng PKK, Anies Ajak Warga Terapkan 3 M

Selain menyediakan kuota internet, Bulk Package juga menghadirkan paket kuota data layanan CloudX, yakni solusi komunikasi terintegrasi berbasis teknologi cloud dari Telkomsel, yang dapat digunakan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi para siswa-siswi dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh melalui fitur virtual conference.

Penyediaan Kuota Terjangkau tersedia bagi lebih dari 80 ribu madrasah di seluruh Indonesia sebagai hasil kolaborasi dari Telkomsel bersama Kemenag. Berbagai tingkat madrasah dapat menerima manfaat dari inisiatif tersebut, mulai dari tingkatan Raudhatul Athfal (setara TK), Madrasah Ibtidaiyah (setara SD), Madrasah Tsanawiyah (setara SMP), hingga Madrasah Aliyah (setara SMA).

“Kami berharap, solusi yang dihadirkan Telkomsel bersama Kementerian Agama ini dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi seluruh elemen di berbagai tingkatan Madrasah di seluruh penjuru negeri,” ujarnya. [DIT]