RMco.id  Rakyat Merdeka - Setelah tiga bulan meluncurkan gerakan Semangat Kurangi Plastik, Astra bersama perusahaan-perusahaan Grup Astra dan masyarakat hingga per akhir Mei 2020 berhasil mengumpulkan 47.013 kg sampah plastik.

Sebanyak 47.013 kg tersebut dikumpulkan dari 4.930 karyawan dan masyarakat melalui gerakan Semangat Kurangi Sampah Plastik. Sebanyak 42.758 kg dari sampah plastik yang terkumpul tersebut telah dikelola oleh 45 perusahaan-perusahaan Grup Astra dan tiga yayasan Astra.

Berita Terkait : Seragam Satpam Diubah Mirip Polisi, Kalau Kesejahteraannya?

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, plastik sudah lama menjadi kebutuhan harian. Tanpa disadari tumpukan sampah plastik memiliki dampak buruk bagi alam dan lingkungan. Astra mengajak seluruh anak perusahaan dan masyarakat luas untuk dapat melestarikan lingkungan melalui gerakan Semangat Kurangi Plastik. 

“Kami tidak dapat sendiri mewujudkan hal itu, tetapi harus bersama-sama dengan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Yayasan Pstore Peduli Bakal Resmikan Klinik Kesehatan Gratis untuk Semua Golongan

Gerakan Semangat Kurangi Plastik, yang diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-63 Astra pada Februari 2020, merupakan sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran karyawan Astra dan masyarakat luas akan bahaya sampah plastik, mengedukasi tentang cara pengolahan sampah plastik yang efektif serta mengajak Grup Astra & para yayasan Astra untuk mengurangi limbah plastik yang dihasilkan serta mendorong siklus ekonomis. [DIT]