RMco.id  Rakyat Merdeka - PT BNI Syariah memastikan, mayoritas pemegang kartu kredit syariah Hasanah Card saat ini telah menggunakan PIN.

Ini sesuai aturan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan seluruh transaksi kartu kredit di merchant mesin Electronic Data Capture (EDC) Indonesia menggunakan PIN (Personal Identification Number) 6 digit dan tidak lagi memakai tanda tangan untuk autentikasinya per 1 Juli.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi turut apresiasi kepada nasabah yang mendukung upaya memberikan layanan yang aman dan nyaman sesuai dengan arahan BI. “Alhamdulillah mayoritas pemegang kartu kredit syariah Hasanah Card saat ini menggunakan PIN untuk keamanan dan kenyamanan transaksi nasabah,” jelasnya di Jakarta, Senin (6/7).

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Penggunaan PIN untuk transaksi kartu kredit bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan transaksi nasabah dibanding tanda tangan. Semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN mulai 1 Juli akan langsung ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant.

Bagi nasabah yang belum menggunakan PIN, BNI Syariah menyiapkan dua cara aktivasi PIN Hasanah Card di antaranya pertama, melalui pengiriman SMS ke 3346. Untuk Permintaan PIN Hasanah Card Kartu Utama dengan RPIN [spasi] 16 digit Nomor Hasanah Card Kartu Utama [spasi] Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy). Contoh: RPIN 5318570030001234 02091987.

Kemudian untuk Permintaan PIN Kartu Tambahan, ketik RPIN [spasi] 16 digit Nomor Hasanah Card Kartu Tambahan [spasi] Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy). Contoh : RPIN 5318570030001678 02091987. RPIN merupakan Request Personal Identification Number .

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

Setelah nasabah melakukan SMS ke 3346 akan mendapatkan PIN 6 Digit yang baru dan bisa merubah PIN sesuai angka yang diinginkan di mesin ATM BNI terdekat. Permintaan PIN 6 digit Hasanah Card melalui SMS hanya dapat dilakukan dengan nomor ponsel Pemegang Kartu Utama yang telah terdaftar pada system, baik permintaan untuk PIN Kartu Utama maupun PIN Kartu Tambahan.

Tarif pengiriman SMS ke 3346 tergantung tarif yang diberlakukan oleh masing-masing operator, sedangkan untuk SMS balasan dari 3346 akan dikenakan biaya Rp 550 (termasuk pajak). Setelah menerima SMS balasan dari 3346 yang berisi PIN 6 digit Hasanah Card, BNI Syariah menyarankan segera lakukan penggantian PIN melalui mesin ATM BNI dan mengubah secara berkala PIN untuk keamanan.

Selanjutnya dengan menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call 1500046 BNI Syariah, menyarankan nasabah untuk segera melakukan update data nomor ponsel (handphone) ke Layanan 24 Jam BNI Call 1500046. [DWI]