RMco.id  Rakyat Merdeka - Gojek mencatat ada lima layanan yang paling banyak digunakan selama wabah virus Covid-19 di Indonesia. GoRide dan GoCar tidak masuk karena terkena dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita menuturkan, layanan pertama selama masa pandemi yang jadi andalan adalah pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari yang ada di GoFood dan GoMart.

"Sejak awal masa pandemi hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (7/7).

Layanan GoFood banyak digunakan masyarakat dalam menyiapkan makanan di tengah adaptasi kesibukan bekerja di rumah. Tak hanya itu, Gojek meluncurkan inovasi kategori makanan siap masak (Ready to Cook) dan telah mengalami kenaikan transaksi yang besar sejak April lalu.

Berita Terkait : Kecanduan Gowes Bagus, Tapi Harus Tetap Hati-hati

Sementara, transaksi GoMart naik hingga tiga kali lipat dari Maret hingga Mei 2020 dibandingkan periode Desember 2019 hingga Februari 2020. Ini karena layanan tersebut banyak digunakan untuk belanja harian masyarakat selama masa pandemi.

Layanan kedua adalah pembayaran digital menggunakan GoPay yang meningkat empat kali lipat dibandingkan bulan ramadan tahun lalu. Selain itu transaksi GoPay untuk investasi reksadana naik hampir dua kali lipat. Fitur tersebut juga digunakan untuk keperluan pembayaran gim online dengan jumlah kenaikan tiga kali lipat.

"Selama pandemi, transaksi di GoMed melalui GoPay juga meningkat dua kali lipat. Begitu juga transaksi pembelian obat di fitur tersebut mengalami peningkatan hingga 103 persen dibandingkan sebelum corona," ungkapnya.

Layanan ketiga yang meningkat adalah donasi digital melalui GoPay. Total sumbangan yang disalurkan mencapai Rp 45 miliar pada periode Maret hingga Mei 2020 atau naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. 

Berita Terkait : Kasus Penyerangan Polsek Ciracas, Prada MI Ditetapkan Jadi Tersangka

Donasi itu disalurkan masyarakat ke Kitabisa.com, ratusan rumah ibadah, yayasan, pembelian tiket konser amal di GoTix, serta pembayaran zakat digital lewat aplikasi Gojek. 

Keempat, layanan hiburan dan acara online yang mencakup GoGames, GoPlay, dan GoTix. Gojek mencatat terjadi peningkatan jumlah sesi permainan di layanan GoGames sebanyak 64 kali lipat selama pandemi,

Untuk streaming konten film dan serial lokal di GoPlay naik 10 kali lipat dari total waktu yang dihabiskan oleh pengguna GoPlay. Sementara, untuk event online, terjadi peningkatan sampai 32 kali lipat jumlah acara yang tersedia di platform GoTix.

Kelima adalah layanan logistik Gojek melalui GoSend yang meningkat hampir 90 persen selama pandemi. Khusus sepanjang Ramadhan tahun ini, lebih dari 80 persen transaksi GoSend berasal dari layanan pengantaran makanan dan minuman.

Berita Terkait : Proyek Ibu Kota Negara Sementara Masuk Kotak

Lima layanan Gojek itu tercatat mengalami peningkatan permintaan selama periode Maret hingga Mei 2020 dibandingkan Januari hingga Februari 2020. [KPJ]