RMco.id  Rakyat Merdeka - Badan usaha milik negara (BUMN) terus mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam mempersatukan kekuatan demi menahan penyebaran wabah virus corona di Indonesia.

BUMN. Salah satu program yang dilakukan adalah melaksanakan uji usap (swab test) secara gratis di kawasan-kawasan yang terpapar wabah cukup di Indonesia, seperti yang dilaksanakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

BNI sukses menggelar uji usap massal gratis di Jakarta pada 20-21 Mei 2020, di Padang pada 2 Juni 2020, di Kota Palembang pada 7-8 Juni 2020, Kota Sidoarjo - Jawa Timur pada 24 – 25 Juni, dan kemudian di Yogyakarta 27-28 Juni 2020.

Berita Terkait : PSBB Jakarta, BI Pastikan Jadwal Operasional dan Layanan Tetap Jalan

Kali ini giliran masyarakat Kota Denpasar dan Bandung yang mendapatkan uji usap gratis dari BNI. Di Denpasar, swab test gratis dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara, Sabtu (11/7 ).

Dalam kesempatan tersebut, BNI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk menyediakan 1.500 swab gratis. Pada kesempatan yang sama BNI berbagi juga menyerahkan sumbangan berupa 1 set mesin PCR yang digunakan untuk membantu percepatan proses diagnosa hasil swab yang diserahkan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah provinsi Bali.

Hadir dalam acara swab tes gratis tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Wayan Widia, Direktur Rumah Sakit Bali Mandara dr. Gede Bagus Darmayasa, Satgas Penanganan Covid-19 BUMN Agung Wijaya, serta Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahju Setyawan.

Berita Terkait : BRI Salurkan Rp 30 Triliun Dana PEN Dalam 1,5 Bulan

Langkah ini merupakan bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari virus corona, #CovidSafeBUMN, dan salah satu rangkaian dari program BNI Berbagi yang memberikan 30.000 uji usap gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Selain itu, pemberian uji usap ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-74 BNI, yang jatuh pada 5 Juli 2020.

Direktur Treasuri dan Internasional BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, “Ini adalah kelanjutan dari langkah kami untuk membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar Covid-19 di Denpasar dan sekitarnya.

Baca Juga : Tidak Ada Pasukan Khusus BIN Seperti Yang Diributkan

Dengan dukungan berbagai pihak, kami laksanakan uji usap ini secara gratis bagi masyarakat, tenaga medis, dan rekanan BNI. Dalam kesempatan ini, kami juga memberikan bantuan berupa Paket APD untuk tenaga medis RS Daerah Bali Mandara," tuturnya.
 Selanjutnya