Industri Besar Tapi Cukai Skala Kecil

Kemenkeu Mau Tutup Celah Kecurangan Industri Rokok

Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pelintingan rokok di salah satu pabrik rokok, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)
Klik untuk perbesar
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pelintingan rokok di salah satu pabrik rokok, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menekan aksi penghindaran pembayaran cukai yang dilakukan oleh industri rokok besar. Pasalnya, ada industri rokok berskala besar, tapi bayar cukainya setara dengan perusahaan rokok skala kecil

Berita Terkait : Industri Converting Ampelas Serap Banyak Tenaga Kerja

Salah satu cara yang ditempuh Kemenkeu adalah menutup celah peraturan cukai yang dimanfaatkan segelintir industri rokok besar. “Mengenai simplifikasi atau bracket yang kami kemarin hold. Tetapi kami akan tetap fokus bagaimana mengurangi kelompok industri yang kemudian lari ke kelompok lain atau melakukan evasion atau penghindaran,” tegas Sri Mulyani, belum lama ini.

Berita Terkait : Bahan Baku Terganggu Corona, Industri Elektronik Terancam

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah akan mendengar masukan dari semua pihak, termasuk pelaku industri rokok untuk terus mencari keseimbangan. “Jadi khusus industri ini, saya tidak hanya mendengar dari Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) saja, tetapi saya coba cari bagaimana cara kita perbaiki kebijakannya,” tukas Sri Mulyani.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Untuk diketahui, akhir tahun lalu Kemenkeu memutuskan tidak menaikkan cukai rokok Tahun 2019. Di sisi lain, pemerintah juga menunda kebijakan simplifikasi tarif cukai rokok. Maka rencana penggabungan produksi sigaret keretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) ke dalam satu tarif pun tertunda. Padahal, sejumlah pihak menilai, penggabungan batasan produksi rokok mesin ini akan membuat persaingan di industri rokok semakin sehat, karena pengelompokan perusahaan besar dan kecil akan semakin jelas. Dengan begitu, perusahaan besar bersaing dengan perusahaan besar, dan tidak bersaing dengan pabrikan yang berskala kecil.
 Selanjutnya