RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Unilever Tbk melalui merek pasta gigi Pepsodent meluncurkan produk dengan kemasan ramah lingkungan.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, varian terbaru Pepsodent ini hadir dengan kemasan ramah lingkungan dan bijak plastik di mana 100 persen kemasan karton maupun tutup kemasan dapat didaur ulang.

“Memang sudah lama mengurangi penggunaan plastik dalam produk-produk kita. Contohnya, ada sikat gigi dari bambu, kotaknya juga dibuat dari kertas daur ulang,” ungkap Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia Nurdiana Darus di acara webinar.

Berita Terkait : Implementasikan 71 Persen TKDN Pertashop, Pertamina Gandeng 9 Perusahaan Nasional

Sejalan dengan misi pelestarian lingkungan, Pepsodent juga memberikan perhatian lebih kepada para pemulung sebagai pejuang sampah yang telah berperan nyata membantu mengurai permasalahan sampah plastik sehari-hari.

Menurut Head of Oral Care Marketing Unilever Indonesia Fiona Anjani Foebe, kehidupan lebih dari 4 juta pemulung telah terpukul hebat akibat pandemi. Dari sisi kesejahteraan, penghasilan mereka berkurang drastis dengan menurunnya harga jual sampah akibat berbagai keterbatasan.

“Selain itu, para pemulung berisiko tinggi terpapar covid-19 di antara timbunan sampah yang dihadapi setiap hari. Sepatutnya kita memfasilitasi mereka dengan perlindungan diri yang memadai sehingga mereka dapat terus berkontribusi sembari memenuhi kebutuhan untuk menyambung hidup,” terangnya.

Baca Juga : KRL Tabrak Mobil di Perlintasan Kereta Tanah Kusir, Alhamdulillah Tak Ada Korban Jiwa

Melalui kolaborasi dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), Pepsodent akan mendonasikan 2,5 persen laba penjualan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan para pemulung dan keluarganya.

Selain melalui pembelian produk, konsumen juga dapat berdonasi melalui Kitabisa.com, yang nantinya digandakan dua kali lipat oleh Pepsodent. Bantuan yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk paket kesehatan dan kebersihan, terdiri dari alat perlindungan diri seperti masker kain dan sepatu boots serta hand sanitizer.

Rangkaian produk Pepsodent pun disertakan untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut mereka. Sebagai langkah lanjutan, Pepsodent juga akan memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung dan keluarganya.

Baca Juga : Ejekan Monyet Diselidiki, Neymar Dihukum Dua Laga

“Mereka itu pejuang sampah yang sunyi. Kita mungkin tidak mengenal mereka atau bahkan tidak pernah bertemu, tapi peran mereka sangat besar dalam penanganan sampah di Indonesia,” tambah CEO Kitabisa.com Alfatih Timur. [MER]