RMco.id  Rakyat Merdeka - Pelayanan  PT Kereta Api Indonesia (Persero) jauh lebih baik. Secara konsisten, KAI melakukan transformasi besar-besaran untuk mengubah image pelayanan perkeretaapian di Indonesia.

Selain peningkatan kualitas produk/jasa yang ditawarkan, KAI terus meningkatkan mutu pelayanan, yang dirasa sangat penting untuk kepuasan pelanggan kereta api.

Sangat wajar, KAI sebagai BUMN operator jasa perkeretaapian di Indonesia memandang penting dan memilih sosok terbaik yang merepresentasikan perusahaan untuk berhadapan langsung dengan pelanggan.

Berita Terkait : Petugas Pemeriksa Jalur, Terjang Rintangan Demi Pastikan Keamanan Jalur KA

Meskipun seluruh karyawan KAI, pada hakikatnya harus memiliki jiwa melayani. Petugas-petugas inilah yang akan kamu hubungi saat menemukan masalah dan pertanyaan.

Mungkin, mereka juga yang menjadi salah satu faktor kamu memilih kereta api sebagai moda transportasi idaman. Petugas yang terlibat langsung dalam penanganan keluhan dan pertanyaan pelanggan kereta api, di antaranya adalah Customer Service on Station (CSOS), Contact Center KAI 121 (CC KAI 121), dan Kondektur.

Masing-masing dari mereka memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda seperti Customer Service on Station (CSOS), yang tugasnya memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun.

Baca Juga : Kementerian PUPR Janji Perhatikan Aspirasi Anggota DPR

Customer Service di stasiun harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan.

KAI sangat selektif memilih seorang Customer Service, karena mereka merupakan salah satu sosok yang dapat menggambarkan citra perusahaan. Selain berpenampilan menarik, energik, mampu berkomunikasi dengan baik, mereka juga diharuskan memiliki kepribadian baik, ramah serta solutif.

Customer Service on Station (CSOS) akan menerima dan membantu menangani berbagai keluhan dan pertanyaan pelanggan di stasiun. Jika keluhan bisa diselesaikan oleh petugas CSOS, maka kasus akan ditutup/selesai.

Baca Juga : Bertemu Komunitas BBMC Bandung, Bamsoet Ajak Biker Kampanyekan Protokol Kesehatan

Namun, jika memerlukan penanganan lebih lanjut, maka petugas CSOS akan meneruskan laporan keluhan atau pertanyaan pelanggan ke tim Customer Relation Contact Center KAI 121. Melalui aplikasi Customer Relation Management (CRM), dengan status keluhan terbuka.

KAI juga memiliki Agent Contact Center KAI 121 yang memberikan layanan pemberian informasi, reservasi tiket, permintaan (request) dan menerima keluhan pelanggan kereta api melalui telepon, email, dan media sosial (Facebook/Twitter @KAI121 dan Instagram @KAI121_).
 Selanjutnya