RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengingatkan kembali agar para pelaku UMKM beradaptasi dengan digital secara cepat.

Teten menambahkan di tengah tantangan ekonomi saat ini, menjadi wirausaha menjadi pilihan paling rasional. "Perlu menyiapkan UMKM atau wirausaha yang melek digital karena pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha beradaptasi pada era digitalisasi," imbuhnya dalam pembukaan acara BRIncubator Go Global, Rabu (16/9).

Berita Terkait : Kemenko Marves Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Teten mengatakan, tiap tahun jumlah potensi pengangguran perguruan tinggi mencapai 1,7 juta orang, baik yang berasal dari lulusan baru maupun eksisting.

Menjadi UMKM atau berwirausaha salah satu pilihan rasional di tengah tantangan ekonomi seperti sekarang ini. "Di sinilah Kementerian Koperasi dan UKM tengah melakukan perluasan kewirausahaan, tujuannya agar UMKM bisa masuk di semua lini industri," ucapnya.

Berita Terkait : KPIB Minta Menteri Teten Lindungi Dekopin Dari Perpecahan

Terkait acara BRIncubator, ia menilai sangat baik dalam memberikan ruang bagi UMKM serta memberikan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas hingga UMKM bisa melakukan ekspor. UMKM menjadi Go-Modern, Go-Digital, Go-Online dan Go-Global.
 Selanjutnya