RMco.id  Rakyat Merdeka - Luar biasa! Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) berulang kali mendapat penghargaan.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengungkapkan, belum lama ini tiga bandara itu menerima sebanyak sembilan penghargaan prestisius Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airports Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Tiga bandara tersebut adalah Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) International Airport di Balikpapan Kalimantan Timur, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Penghargaan yang mereka terima telah diumumkan oleh ACI pada Maret lalu dan baru pada hari ini kami terima secara langsung. Kami sangat bersyukur dapat menerima penghargaan yang merupakan apresiasi dan pengakuan dunia internasional atas terus meningkatnya kinerja pelayanan di 3 bandara yang kami kelola ini,” ujarnya.

Berita Terkait : AP I Seleksi Calon Mitra Pengelola Bandara Lombok

Adapun sembilan penghargaan yang dianugerahkan kepada tiga bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I yaitu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meraih 4 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik penumpang 5 sampai 15 juta penumpang per tahun.

Penghargaan tersebut adalah Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation.

Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih 3 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 15 sampai 25 juta penumpang per tahun: Best Airport by Size in Asia Pacific, - Best Customer Service, - Best Infrastructure & Facilitation

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar meraih dua penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5 sampai 15 juta penumpang per tahun: Best Airport by Size - Best Infrastructure & Facilitation

Berita Terkait : Perusahaan Asing Kepincut Kembangkan Bandara Internasional Lombok

Penghargaan ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan buah kerja keras insan Angkasa Pura I dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara.

"Manajemen mengucapkan terima kasih kepada insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja kerasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini," ujar Faik Fahmi.

Sebagai informasi, ketiga bandara ini merupakan bandara yang langganan mendapat penghargaan pada ajang ASQ Awards. Pada ajang ASQ Awards 2018, yang penganugerahan penghargaannya dilakukan pada 2019,

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih 4 penghargaan yang sama pada kategori yang juga sama. Pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan 2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year.

Berita Terkait : Makin Canggih, Angkasa Pura ll Buka Pelatihan Berbasis Virtual Reality

Begitu juga Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang sudah sejak 2015 meraih penghargaan ASQ Awards di mana pada 2015 dan 2017 Bandara Bali meraih Peringkat Ketiga Bandara Terbaik Dunia pada kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun.

Terakhir, pada ajang ASQ Awards 2017, Bandara Bali menyabet 3 penghargaan sekaligus yaitu Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year, 1st place tie Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year, dan 2nd place tie Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year).

Sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebelumnya pada 2017 pernah meraih penghargaan ASQ Awards sebagai The Most Imoroved Airport in Asia Pacific 2016.

Untuk diketahui, ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI. [JAR]