RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM suskes menjaring 30 inovator digital, yang terpilih untuk mengikuti pelatihan atau bootcamp program Pahlawan Digital UMKM 2020, dari total 126 pendaftar.

Menteri Koperasi (Menkop) UKM Teten Masduki mengapresiasi para inovator muda yang telah berjibaku membantu para pelaku UMKM tersebut. Teten juga berharap akan semakin banyak muncul local heroes (pahlawan lokal) yang membantu mau UMKM naik kelas.

Berita Terkait : Menteri Teten Imbau Stimulus Pemerintah Harus Maksimal

Teten mengatakan mereka adalah para inovator yang selama ini membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk go digital. Para inovator tersebut memiliki berbagai tipe bisnis, mulai dari market place, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak. Sekitar 76 persen peserta terpilih ini berasal dari luar Jakarta.

Ia menekankan, di masa pandemi Covid-19 ini banyak inovasi platform digital baru yang diinisiasi oleh anak-anak muda yang luar biasa. Ini sangat membantu pelaku UMKM, terutama yang kecil-kecil. "Dengan platform digital dan inovasi ekosistem digital akan membantu UMKM tersebut untuk konsolidasi dan diagregasi agar lebih mudah terhubung ke market place,” jelasnya dalam konferensi pers Pahlawan Digital secara virtual di Jakarta, Senin (21/9).

Berita Terkait : Pameran Dagang Virtual Karachi Agendakan 110 Pertemuan Bisnis

Ia mengaku optimistis gerakan Pahlawan Digital ini akan banyak memotivasi anak-anak muda untuk berkreasi di tengah situasi yang sulit seperti sekarang. "Anak-anak muda ini cerdas-cerdas dan memiliki keberpihakan yang besar pada UMKM. Dan para UMKM juga butuh mereka. Kita perlu bekerja sama untuk mempercepat digitalisasi UMKM kita,” ujarnya.
 Selanjutnya