RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (AP I) Persero tengah menyeleksi perusahaan global dan nasional yang akan menjadi mitra strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Internasional Lombok.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengungkapkan, ada 26 perusahaan telah lolos proses prakualifikasi. Dan saat ini, mereka tengah mengikuti tahapan proses aanwijzing (penjelasan tender).

Kegiatan ini akan berlangsung pada 5-9 Oktober 2020. Proses ini merupakan kelanjutan dari proses peminatan dan prakualifikasi seleksi mitra strategis yang telah dibuka sejak 10-29 September 2020.

Berita Terkait : Trafik Pesawat Di Bandara Angkasa Pura I Tumbuh Tipis

“Kami mengapresiasi tingginya minat dari 26 calon mitra strategis yang berasal dari pengelola bandara terbaik di dunia. Serta, perusahaan infrastruktur terbaik di Indonesia yang ingin untuk mengembangkan Bandara Internasional Lombok,” ujarnya, melalui siaran pers, kemarin.

Ia memperkirakan, nilai proyek tersebut sebesar Rp 10,3 triliun. Diterangkannya, pengembalian investasi kerja sama akan dilaksanakan melalui mekanisme pembayaran oleh pengguna jasa dalam bentuk tarif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Setelah melewati tahapan aanwijzing, lanjut Faik, selanjutnya memasuki tahap jawaban untuk pertanyaan klarifikasi pada 19 Oktober 2020.

Berita Terkait : Perusahaan Asing Kepincut Kembangkan Bandara Internasional Lombok

Kemudian, penyerahan dokumen klarifikasi pada 15 Desember 2020. Setelah itu, tahapan klarifikasi dokumen kualifikasi yang dikirimkan pada 10-15 Januari 2021.

“Evaluasi dokumen kualifikasi dilakukan pada 16 Desember hingga 28 Januari 2021, dan pengumuman hasil prakualifikasi pada 29 Januari 2021,” ungkapnya.

Ia berharap, kerja sama strategis selama 30 tahun tersebut bisa menjadikan Bandara Internasional Lombok menuju kelas dunia, melalui peningkatan fasilitas dan kualitas layanan.

Berita Terkait : Progress Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Capai 55,17 Persen

Selain itu, calon mitra nantinya diharapkan dapat ikut mempromosikan Lombok, sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik yang dimiliki Indonesia kepada dunia.

“Promosi ini akan mendukung peningkatan trafik pesawat udara dan wisatawan mancanegara di Tanah Air,” katanya.
 Selanjutnya