RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng platform fintech KoinWorks, dengan menyediakan akses kredit dari BTN melalui KoinWorks hingga Rp 1 miliar. Kredit ini bahkan langsung diterima calon debitor UMKM di sektor properti berdokumen lengkap dalam lima hari.

Langkah strategis tersebut sejalan dengan upaya pemerintah membangun pondasi perekonomian yang kuat dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui sektor UMKM.

Direktur Utama (Dirut) BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, kemitraan ini menjadi dukungan perseroan mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia, khususnya di sektor properti.

Berita Terkait : Selama Pandemi, Transaksi Bukalapak Naik 130 Persen

Melalui kerja sama penyaluran kredit ini, lanjutnya, BTN berupaya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memiliki kemampuan gerak lebih besar di rantai pasok sektor properti.

BTN lanjut Pahala, berupaya mengembangkan ekosistem di sektor properti hingga ke berbagai unsurnya termasuk para pelaku UMKM. "Dengan akses dan dana kredit BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut,” imbuhnya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BTN dengan KoinWorks, terkait Pemberian Pinjaman dengan Skema Supply Chain Financing melalui platform KoinWorks di Jakarta, Kamis (8/10).

Dengan menggandeng KoinWorks, tambah Pahala, perseroan meyakini dapat menjangkau semakin banyak pelaku UMKM. “Kami percaya dengan kolaborasi bersama KoinWorks yang lebih dinamis dapat membuat analisa kredit dan customer experience menjadi lebih baik," ujarnya.

Berita Terkait : Sinergi Dengan PLN, Bank Mandiri Beri Kredit Produktif Untuk Petani

Melalui kemitraan ini, calon debitor UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp 1 miliar melalui layanan KoinBisnis dalam platform KoinWorks.

Nantinya, kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu lima hari. "Di tahap awal, total nilai kredit dari BTN yang disalurkan melalui KoinWorks mencapai Rp 75 miliar," katanya.

Chief Executive Officer (CEO) dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan, sebagai platform yang juga berfokus pada penyediaan layanan finansial pelaku usaha, termasuk UKM, KoinWorks merasa bangga dapat bekerja sama dengan BTN.

Berita Terkait : Gandeng E-Commerce dan Fintech Hingga Toko Retail, Akseptasi TapCash Makin Luas

Kerja sama ini, menurutnya, menambah deretan mitra strategis KoinBisnis untuk penyaluran pembiayaan UKM di Indonesia. “Melalui kemitraan ini juga kembali membuktikan bahwa sistem credit scoring yang digunakan oleh KoinWorks untuk KoinBisnis, terbukti dapat membantu perluasan akses penyaluran pembiayaan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui UKM,” ujarnya.

Sementara itu, hingga kini BTN telah membina 4.792 debitor UMKM baik di segmen konvensional maupun Syariah. Ribuan debitor tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp 1,9 triliun. Posisi tersebut naik 18,19 persen secara tahunan (yoy) dari Rp 1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu. [DWI]