RMco.id  Rakyat Merdeka - Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) yang semula berakhir pada 15 Oktober 2020, diperpanjang hingga 31 Oktober 2020.

Perpanjangan ini dilakukan untuk mengakomodir antusiasme para jurnalis di berbagai wilayah, yang tengah menyiapkan karya terbaik sesuai kategori karya yang diperlombakan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, AJP 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19 dan mekanisme penilaian yang dimulai dari tingkat teritori. Sehingga, wartawan masih harus beradaptasi dengan sistem baru tersebut.

Berita Terkait : Sertifikasi Ekspor Pertanian Meningkat 77 Persen Sepanjang 2020

“Animo peserta untuk berpartisipasi cukup tinggi. Karena itu, kami memutuskan perpanjangan hingga akhir Oktober. Pertamina juga berharap, wartawan melakukan peliputan yang lebih bervariasi, dengan adanya tambahan kategori Program Kemitraan yang sebelumnya menyatu dengan kategori Program CSR,” ujar Fajriyah.

Berbeda dengan kategori lain yang diperuntukkan untuk satu channel media saja, untuk kategori CSR dan Program Kemitraan terbuka untuk semua channel media. Baik cetak, online, televisi maupun radio.

Program Kemitraan, merupakan kategori baru pada AJP 2020. Kategori ini khusus tentang peran Pertamina dalam memajukan UMKM, yang menjadi mitra binaan Pertamina.

Berita Terkait : Dukung Samarinda Menjadi Kota Cerdas, Pertamina Resmikan Program Pojok Baca

“Sejak Program Kemitraan digulirkan pada tahun 1993, Pertamina telah mengucurkan bantuan modal Rp 3,5 triliun, yang disalurkan kepada sekitar 63 ribu UMKM mitra binaan Pertamina di seluruh Indonesia. Ini bisa menjadi obyek penulisan yang menarik di tengah pandemi Covid-19,” imbuh Fajriyah.

AJP 2020 memberikan peluang juara lebih luas karena akan ada para pemenang di setiap teritori, mulai dari Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), DKI Jakarta, Jawa Bagian Barat (JBB), Jawa Bagian Tengah, Jatimbalinus, Sulawesi, Kalimantan serta Maluku – Papua.

“Para pemenang di tiap teritori akan mengikuti kompetisi di babak final, yang bersaing dengan 10 territori untuk memperebutkan juara di tingkat nasional serta Best of The Best,” terang Fajriyah.

Berita Terkait : Pertamina Berbagi Suka Cita di Panti Asuhan dan Panti Jompo

AJP 2020 menyediakan 8 kategori karya yakni Hardnews Media Cetak, Feature Media Cetak, Media Online/Siber, Feature Radio, Feature TV, Foto Essay, Program CSR/Pemberdayaan Masyarakat dan Kategori Program Kemitraan.

Untuk menjadi peserta AJP 2020, insan media bisa mengisi formulir yang dapat di-download dari link website pertamina https://www.pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2020 atau bisa langsung di-download di link https://www.pertamina.com/Media/Upload/AJP/Formulir-Peserta-AJP-2020.pdf.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, peserta bisa mendaftar dan menyerahkan hasil karyanya ke email anugerah.jurnalistik@pertamina.com. Paling lambat tanggal  31 Oktober 2020. [HES]