RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari Subholding Gas yang senantiasa menciptakan inovasi dalam pengelolaan infrastruktur pipa, PT PGAS Solution mengembangkan sistem Potential Regulator dalam mengatasi overproteksi, dari sistem proteksi katodik dalam pemasangan pipa gas bumi.

Sedangkan sistem proteksi katodik adalah salah satu bentuk mitigasi pipa, yang berbahan dasar logam dari korosi atau penurunan kualitas suatu material akibat interaksi dengan lingkungan.

“Selain melapisi pipa dengan dengan material yang kedap air atau juga dapat disebut dengan coating, penanggulangan korosi dari jaringan pipa gas bumi adalah dengan memasang sistem proteksi katodik,” ujar Rizky Ariaditya selaku perwakilan PT PGAS Solution dalam paparannya pada kegiatan Gas Talk #30, Jumat (16/10).

Berita Terkait : Argentina VS Ekuador 1-0, Menang Tapi Gelisah

Rizky menjelaskan, cara kerja proteksi katodik adalah dengan menurunkan potensial material logam dengan memasukkan arus listrik. Namun kendalanya, dalam pemasangan sistem ini perlu dilakukan dengan tepat dan tidak berlebih. Jika tidak, akan menimbulkan masalah lain.

“Sudah menjadi suatu keharusan untuk memproteksi pipa-pipa kami dari korosi. Namun jika berlebihan dalam memproteksi maka akan dapat terjadi overproteksi, bisa menimbulkan hidrogen dalam jumlah yang sangat banyak. Sehingga malah akan merusak coating, atau bahkan menjadikan pipa menjadi rapuh dan mengalami cracking. Maka, kita ketahui bahwa kita perlu melakukan proteksi yang sesuai dengan range-nya," ujar Rizky.

Fajar Rahmat menambahkan, dalam pencarian solusi, timnya melakukan berbagai pertimbangan. Baik dari segi biaya, waktu pemasangan, waktu pembuatan alat, ketersediaan produk, dan lokasi pemasangan.

Baca Juga : Nurul Arifin : Insan Pers Jadi Sahabat Partai Golkar

Diskusi itu membuahkan hasil yakni dipilih untuk memasang alat hasil inovasi sendiri, yaitu potential regulator.

“Namun dalam mempertimbangkan beberapa parameter, kami memilih untuk memasang alat hasil inovasi sendiri yaitu potential regulator. Dalam menciptakan alat ini, kami berangkat dari konsep yang sederhana. Namun mampu untuk menurunkan nilai arus menjadi sesuai standar, sehingga pipa terproteksi secara optimal," jelas Fajar.

Fajar juga menyampaikan dukungannya, kepada para perwira PGN untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat memudahkan pekerjaan di lapangan.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Corona Di Kantor, KPK Kembali Lakukan Penyemprotan Desinfektan

“Permasalahan apa pun wajar terjadi di lapangan. Namun, bagaimana kita dapat menanggulangi dan mencari solusi yang tepat. Potential regulator dibuat dari konsep yang sangat sederhana, biasa ditemukan sehari-hari. Semoga, dengan disampaikannya materi terkait potential regulator ini juga dapat menginspirasi bagi rekan-rekan, yang pada saat ini sedang berjuang di PGN Choice Awards 2020," tutup Fajar. [HES]