RMco.id  Rakyat Merdeka - Media bisnis global, Fortune menobatkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women International) 2020.

Nicke menempati peringkat 16 dari 50 perempuan dunia, yang dinilai memiliki kemampuan mengendalikan perusahaan yang dipimpinnya.

Fortune menilai, Nicke mampu menangani sebuah perusahaan milik negara dengan revenue tahunan lebih dari 54,6 miliar dolar AS atau kira-kira setara Rp 800 triliun dan 32 ribu pekerja di seluruh dunia.

Berita Terkait : Bahas Pencegahan Korupsi, Dirut Pertamina Temui Pimpinan KPK

Kemampuan Nicke mengendalikan perusahaan itu dikuatkan dengan kepercayaan pemerintah  untuk memilihnya kembali memimpin transformasi perusahaan menjadi holding company di bidang migas.

Merespon hal tersebut, Nicke bersyukur dan menerima positif penobatan dirinya sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia oleh Fortune.

Nicke menilai, pemeringkatan Fortune merupakan apresiasi tidak hanya untuk dirinya seorang, melainkan apresiasi untuk keseluruhan tim Pertamina.

Baca Juga : Kemampuan Literasi Penting Untuk Bekal Hadapi Persaingan Global

Menurutnya sebagai pucuk tertinggi kepemimpinan di BUMN Migas nasional, ia memiliki tanggung jawab untuk memastikan Pertamina terus memberikan energi untuk bangsa dan negara dan membawa Pertamina sebagai perusahaan energi global, yang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Tantangan masa depan energi sudah di depan mata, dan kami tetap memprioritaskan pengabdian pada bangsa, pelayanan masyarakat, dan menjawab tantangan energi global. Posisi ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh elemen di Pertamina, dan juga dukungan seluruh stakeholder dan bangsa Indonesia," ujar Nicke.

Fortune juga menilai, Nicke Widyawati sebagai Dirut Pertamina sangat layak menempati peringkat 16 karena mampu melakukan terobosan mengendalikan perusahaan selama masa pandemi Covid-19. Sehingga, kerugian Pertamina dapat ditekan. Jauh lebih baik dari perusahaan migas global lainnya.
 Selanjutnya