RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan baru saja menggelar ajang Penghargaan Bidang Kesehatan dan Lingkungan 2020. PT Angkasa Pura I (Persero) berhasil meraih Penghargaan Sehat 2020 kepada tiga bandara yang dikelolanya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan inisiasi ini berguna sebagai bentuk apresiasi untuk pihak yang tercatat melakukan pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Disiplin penerapan Prokes diperlukan terutama di tempat fasilitas umum.

Berita Terkait : Pengembangan Bandara Di Manado Capai 62,7 %

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini dapat menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujar Terawan dalam keterangannya secara virtual, kemarin.

Adapun tiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut yaitu Bandara Jenderal Achmad Yani Semarang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Lombok Praya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung adanya apresiasi penghargaan ini. Dia mengatakan peningkatan kedisiplinan Prokes memang penting untuk didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait.

Berita Terkait : Minat Terbang Naik, Kapasitas Kursi Penerbangan Di Bandara Soekarno-Hatta Terbanyak Di Dunia

"Kedisiplinan Prokes di lingkungan umum ini perlu terus dioptimalkan. Semua pihak saya yakin dapat menerapkan protokol kesehatan secara konsisten," katanya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengaku Prokes terus diterapkan. Seiring dengan mulai meningkatnya trafik penerbangan, "Angkasa Pura I juga secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan Prokes secara disiplin," katanya.

Dia bersyukur tiga bandara yang dikelolanya menerima penghargaan. Apresiasi ini bikin perseroan semakin semangat untuk menerapkan kedisiplinan di area bandara Angkasa Pura I.

Berita Terkait : Soetta Sabet Akreditasi Bandara Sehat

Penghargaan ini juga melengkapi berbagai apresiasi dari berbagai pihak, baik dari dalam negeri seperti apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wihsnutama Kusubandrio, hingga mitra global seperti Incheon Airport International Corporation.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan ini yang dapat memicu kami untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada masa adaptasi kebiasaan baru," tukas Faik. [JAR]