Di Tengah Cuaca Ekstrem Pasca Banjir

PLN Berhasil Pulihkan 99 % Gardu Listrik Di Sentani

Pekerja PLN berjibaku pulihkan pasokan listrik pasca Banjir Bandang di Sentani Papua. (Dok Humas PLN)
Klik untuk perbesar
Pekerja PLN berjibaku pulihkan pasokan listrik pasca Banjir Bandang di Sentani Papua. (Dok Humas PLN)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PLN terus memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi Minggu lalu. PLN berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99 persen dan 100 persen penyulang telah pulih.

Sementara itu, sejumlah kondisi gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain, 6 gardu yang padam karena terendam, perbaikan 3 tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak/putus di sejumlah titik.

Berita Terkait : PLN Padamkan Listrik Di Sejumlah Daerah Terdampak Banjir

Cuaca yang kurang bersahabat seminggu kemarin menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga. Cuaca tersebut mengakibatkan banjir susulan dan tanah longsor yang akhirnya berdampak pada sejumlah jaringan terganggu.

"Saat ini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja dilapangan di lokasi-lokasi bencana banjir kemarin. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar", ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Baca Juga : HIPMI Minta Draft RUU Omnibus Law Jangan Dihambat

Saat ini PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak/putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Selain itu, perbaikan 3 tower SUTT 70 kv di Orya juga terus dikebut. Gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain : Jl. Sosial, jl. Kemiri, Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Komplek Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telafa Maya, Jl. Lintas Utara.

"3 tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan dimana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun kita sudah melakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. Dan hingga saat ini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih", lanjut Made.

Baca Juga : Garuda Select Bersiap Kembali ke Inggris, Ini Lawan Pertamanya

PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan mengedepankan faktor keamanan. Bila cuaca bersahabat, diharapkan dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala. (FAZ)