RMco.id  Rakyat Merdeka - XL Axiata dapat durian runtuh saat pilpres. Trafik data perseroan pada periode 16 - 18 April 2019 mengalami kenaikan tertinggi hingga 24 persen dibandingkan trafik hari normal. Sementara itu trafik voice naik 4 persen.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190 persen dibanding hari normal. Akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6 persen, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30 persen. 

Baca Juga : Banjir Di Kalbar, PLN Berhasil Operasikan Kembali 23 Gardu Terdampak

"Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175 persen. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games," katanya.

Sepanjang periode sehari sebelum dan setelah pilpres kemarin, masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7 persen.

Baca Juga : Terpapar Corona, 2 Nakes Di Kabupaten Bogor Meninggal Dunia

Data menarik lainnya, karena hari pilpres adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan. Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain. 

Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17 persen, Garut 14 persen, Kuningan dan Indramayu sekitar 10 persen. [DIT]

Baca Juga : Kurangi Impor, Kementan Kembangkan Budidaya Bawang Putih di Probolinggo