RMco.id  Rakyat Merdeka - Maskapai berbiaya rendah (LCC) Citilink Indonesia melakukan penerbangan komersial perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (6/5/). Penerbangan QG 132 menggunakan armada Airbus A320 (PK-GQR), yang mengangkut 96 penumpang ini berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah (HLP) pada pukul 11.30 WIB, dan tiba di YIA pukul 12.15 WIB.

Setiba di YIA, pesawat disambut water salute oleh 2 armada Satuan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Kemudian saat masuk terminal kedatangan, penumpang disambut Tari Angguk Sigrak, yang merupakan seni tradisional khas Kulon Progo, persembahan  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Pesawat Citilink QG132 rute Jakarta-Yogyakarta, disambut water salute oleh 2 armada Satuan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di Yogyakarta International Airport, Senin (6/5). (Foto: Humas AP I)

"Penerbangan komersial perdana Citilink ini merupakan momen bersejarah bagi Angkasa Pura I dan Citilink, sebagai maskapai penerbangan Indonesia pertama yang  beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I, Faik Fahmi.

"AP I berharap, dibukanya Bandara Internasional Yogyakarta ini dapat meningkatkan konektivitas ke Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang pada akhirnya dapat mengembangkan perekonomian Jawa bagian selatan dan sekitarnya. Kami mempersembahkan bandara ini bagi masyarakat, agar mendapatkan kenyamanan dalam melakukan perjalanan udara dari dan menuju Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan," tambah Faik.

Berita Terkait : AP I Genjot Pelayanan Di Bandara Kelolaan Agar Berkelas Dunia

Di lain pihak, VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina berharap, dibukanya penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju YIA ini dapat menjadi rute alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Yogyakarta.

"Penerbangan rute HLP-YIA ini menggantikan salah satu jadwal penerbangan Citilink Indonesia rute Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Internasional Adisutjipto (JOG). Penerbangan rute HLP-YIA beroperasi setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang," kata Resty.

Penerbangan ini dijadwalkan berangkat setiap hari dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) pukul 11.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pukul 12.40 WIB, dengan nomor penerbangan QG 132. Sedangkan penerbangan sebaliknya,  berangkat dari YIA pada pukul 13.10 WIB dan tiba di HLP pukul 14.15 WIB, dengan nomor penerbangan QG 133.

Sebelumnya, Citilink telah melakukan proving flight (penerbangan uji coba) ke Bandara Internasional Yogyakarta pada Kamis (2/5).

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

"Pembukaan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink Indonesia, untuk memperluas jaringan penerbangan di Indonesia dan sebagai upaya untuk turut serta mendukung program pemerintah dalam memperluas akses konektivitas antar kota di Indonesia," tutur Resty.

Shuttle Gratis 

Untuk mendukung aksesibilitas dari dan menuju YIA pada fase penerbangan komersial perdana ini, calon penumpang pesawat di YIA, akan diberikan fasilitas shuttle bus gratis Damri dan Satelqu di beberapa titik pemberangkatan,  mulai 6 hingga 12 Mei 2019.

Shuttle bus Damri melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Wojo, Purworejo, dan Magelang. Sedangkan Satelqu melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Cilacap, Purwokerto. [HES]

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka