Kunjungan Kerja ke YIA

Menteri Rini Pastikan Kesiapan YIA Buat Mudik Lebaran 2019

Menteri Rini Soemarno (kanan) didampingi Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi (kiri) saat kunjungan kerja di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Selasa (7/5). (Foto: Humas AP I).
Klik untuk perbesar
Menteri Rini Soemarno (kanan) didampingi Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi (kiri) saat kunjungan kerja di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Selasa (7/5). (Foto: Humas AP I).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Setelah menerima kunjungan kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Sabtu (4/5) lalu, hari Selasa (7/5) ini PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut kedatangan Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dalam rangka kunjungan kerja di Yogyakarta.

Menteri Rini Soemarno dan jajarannya mendarat mulus di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pukul 12.20 WIB bersama penumpang lainnya di pesawat komersial Citilink QG 132 dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Pada penerbangan ini, turut mendampingi Menteri Rini Soemarno yaitu Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

Baca Juga : BNI Berikan Fasilitas Istimewa Buat Nasabah Emerald

Kunjungan Menteri BUMN ini merupakan kunjungan kerja perdana ke YIA untuk meninjau operasional YIA di mana pada Senin (6/5) lalu telah dilakukan penerbangan komersial perdana oleh Citilink, progress pembangunan yang telah mencapai 53%, dan kesiapan YIA dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, “Kami sungguh antusias menyambut kunjungan Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno ke Bandara Internasional Yogyakarta hari ini karena kami ingin menunjukkan bukti kesiapan bandara ini untuk operasional penerbangan dan menghadapi masa arus mudik Lebaran 2019".

Pada masa arus mudik Lebaran 2019, tambah Faik Fahmi, seluruh penerbangan tambahan (extra flight) akan dialihkan ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo.

Baca Juga : Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Den Haag Gelar Perayaan Galungan dan Kuningan

Pemindahan ini dilakukan guna membantu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Adisutjipto pada musim puncak Lebaran 2019. Sebagai informasi, pada masa mudik 2018 terdapat 32 tambahan penerbangan ke Bandara Adisutjipto.

Pada kesempatan ini, Menteri BUMN Rini Soemarno juga memberikan santunan kepada 300 anak yatim piatu di Kulon Progo. Santunan diberikan secara simbolis oleh Menteri BUMN yang didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi kepada 20 perwakilan anak yatim di Masjid Al Akbar Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo merupakan solusi atas kondisi lack of capacity yang terjadi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, di mana kapasitas bandara sangat terbatas sementara permintaan slot penerbangan cukup tinggi.
 Selanjutnya