Filter Lantern Instagram Cuma Berdurasi Sebulan

Filter Lantern Instagram
Cuma Berdurasi Sebulan
Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi Instagram telah meluncurkan konten baru berupa filter bernama Lantern. Communications Manager Instagram Asia-Pacific, Putri Silalahi mengungkapkan, keberadaan filter ini di Instagram tidak permanen. Instagram hanya memberikan fasilitas filter Lantern selama satu bulan sejak pertama kali diluncurkan.

Filter Lantern sudah bisa ditemukan di pilihan filter Instagram Stories sejak 5 Mei 2019 dan akan berakhir pada 5 Juni 2019,” ungkap Putri dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Nampaknya memang wajar hanya sebulan, pasalnya di berbagai negara filter ini memiliki tema yang sama yaitu Ramadan. Lebih jauh dia bilang khusus di Indonesia pihak Instagram mempercayai secara keseluruhan isi filter dibuat oleh para kreator asli tanah air.

Berita Terkait : Bank Dan Fintech Didorong Bisa Berkolaborasi

Masyarakat di Indonesia memiliki budaya tersendiri dalam menyambut Ramadan, salah satunya seperti ngabuburit. Maka untuk menciptakan isi konten dari filter bertema Ramadan Instagram bekerja sama dengan kreator lokal.

Putri menyebut, ada lima kreator Indonesia yang diajak berkolaborasi menciptakan stiker GIF berisikan pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen-momen penting di bulan suci ini. “Khusus di Indonesia memang Instagram berkolaborasi dengan kreator lokal untuk membuat stiker GIF seperti sahur, ngabuburit, berbuka puasa, Selamat Lebaran, dan ucapan Mohon Maaf Lahir dan Batin,” ujar Putri.

Lima kreator ini merupakan mereka yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Dia menyebut kreator itu adalah thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau dikenal dengan bulletos, dan Haikal.

Baca Juga : Kerek Daya Saing Industri, Menperin Ngarep Harga Gas Turun

“Tentu sangat senang bisa bekerja sama dengan lima kreator Indonesia lewat inisiatif ini. Mudah-mudahan karya para kreator Indonesia ini bisa ditemukan dan diapresiasi oleh lebih banyak orang lagi,” ujarnya.

Untuk menemukan stikerstiker GIF bertema Ramadan ini, pengguna tinggal mengetik Ramadan Instagram pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories. Sesuai temanya aplikasi ini memang disiapkan untuk meramaikan bulan Ramadan.

Dia mengklaim miliaran orang di seluruh dunia sudah menggunakan Instagram untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan sesama. Alasan meluncurkan filter adalah untuk ikut meramaikan bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. “Kami luncurkan filter bertema Ramadan pertama di Instagram Stories untuk pengguna di seluruh dunia,” katanya.

Baca Juga : Waspada Wabah Corona, Australia Tutup Pintu Buat Warga Asing dari Iran

Lantern menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain saat diketuk. Untuk melihat pilihan desain yang ditawarkan, pengguna tinggal mengetuk bagian tengah layar.

“Ramadan adalah momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara para pengguna Instagram di Indonesia. Kami melihat penggunaan hashtag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu, maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories,” kata dia.

Di Indonesia, Instagram merekam ada peningkatan 28 persen volume penggunaan Instagram Stories di bulan Ramadan jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya (data Januari-Juni 2018). Data Instagram juga merekam 5 hashtag terkait Ramadan yang paling dicari oleh pengguna di Indonesia biasanya #bukber, #bajukoko, #gamissyari, #bajulebaran, dan #ramadan. (JAR)