RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri ESDM Ignasius Jonan beserta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Phoenix, Amerika Serikat (AS), 19-20 Mei 2019 untuk melakukan pertemuan dengan CEO Freeport-McMorran dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua, serta meninjau fasilitas operasi tambang Freeport di Morenci, Arizona.

Sebagaimana diketahui bahwa PTFI saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum.

Berita Terkait : Menteri ESDM Minta Proyek Smelter Freeport dan Kilang Tuban Segera Diselesaikan

Kunjungan kerja Menteri ESDM dilakukan untuk mendorong dan memastikan 2 hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI yaitu (1) Tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan, serta (2) Penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu 5 tahun setelah IUPK OP diterbitkan.

Dalam kunjungan ini, Jonan berkesempatan mengunjungi salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona. Kunjungan dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

Baca Juga : Banyak Juara Baru, Dovi Yakin Persaingan MotoGP Makin Ketat

Selanjutnya tanggal 21 Mei 2019 Menteri ESDM akan melanjutkan kunjungan kerja ke Houston bertemu dengan pihak ConocoPhillips dan tiba kembali ke Tanah Air tanggal 24 Mei 2019. [SRF]