RMco.id  Rakyat Merdeka - PLN memberikan 15.000 paket sembako secara serentak di 15 titik Jabodetabek (21/05). Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan pelat merah tersebut untuk berbagi kebahagiaan memuliakan kaum dhuafa di bulan suci ramadan.

15.000 paket sembako dibagikan kepada 70 (tujuh puluh) kelompok seperti para supir, petugas kebersihan, petugas keamanan, para pedagang di lingkungan PLN dan lainnya.

Adapun paket sembako yang dibagikan masing-masing berisi beras,  minyak goreng, gula pasir,  kecap manis, biskuit, sirup, dengan harga rata-rata sembako adalah Rp 250.000 per paket.

“Pembagian sembako ini sejatinya agar PLN mendapatkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia demi kelancaran pembangunan kelistrikan di Tanah Air. Pembagian sembako Ini bukti keberkahan untuk PLN dan kita ingin berbagi dengan masyarakat,” tutur PLH Executive Vice President Corporate Communication & CSR Dwi Suryo Abdullah dalam rilis, di Jakarta, kemarin.

Baca Juga : PLN Berhasil Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Layang-layang

Selain paket sembako, ada juga bantuan transport uang tunai Rp 100.000 per orang. Dengan begitu, total yang digelontorkan oleh PLN Peduli adalah sebesar Rp5.4 milyar.

Dalam acara tersebut, PLN juga memberikan bantuan untuk pembangunan dan renovasi masjid senilai masing masing Rp 10 juta. Acara dihadiri oleh pimpinan wilayah PLN di masing-masing lokasi.

Selain itu, tak lupa PLN juga membagikan sembako untuk warga yang berada di sekitar kantor pusat PLN.

"Kegiatan ini juga merupakan rangkaian program PLN dengan tema “Berbagi kebahagiaan Bersama” Ramadhan 1440 Hijriah di lingkungan PLN yang juga diikuti dengan program lainnya seperti Berbuka Bareng Anak Yatim, dan kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan utama kaum dhuafa se-Indonesia," tutur Dwi Suryo.

Baca Juga : KPK Perpanjang Penahanan Makelar Tanah Kasus Korupsi RTH Bandung

Pangan Murah 

PLN juga ambil bagian dari aksi kepedulian sosial bertajuk Pangan Murah Ramadan 1440 H yang digelar BUMN. Acara ini dilakukan secara serentak di 40 Kecamatan di 3 Propinsi dari 18 hingga 21 Mei 2019.

Untuk PLN, gelaran pangan murah Ramadan sinergi BUMN dilakukan di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebanyak 3.000 warga desa Ciasem Girang dan Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem berkesempatan mendapatkan paket pangan murah dari PLN.

Anik (42) warga Desa Sukamandi Jaya menyatakan kegembiraannya mendapat paket pangan murah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan

“Sangat membantu sekali pak paket murah ini, biasanya harga (sembako) naik pas mau lebaran,” ujar Anik.

Pelaksana Harian (Plh.) Senior Manager General Affair PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Ridwan menyatakan, seluruh dana hasil dari penjualan pangan murah ini akan dikembalikan kepada warga Ciasem dalam bentuk bantuan dana bagi Pondok Pesantren An Nahlaa Ciasem.

“Kegiatan ini bukan semata-mata jualan. Semua hasil dari pembelian oleh warga, kami serahkan ke pondok pesantren, Kami pun memberikan dana khusus CSR bantuan sarana fasilitas untuk pondok pesantren An Nahlaa sebesar Rp 30 juta,” imbuh Iwan.

Untuk Kabupaten Subang, selain Kecamatan Ciasem, kegiatan Pangan Murah Ramadan ini juga digelar di 4 Kecamatan lainnya, yakni Cipunagara, Pamanukan, Pusakanagara, dan Pasukajaya. Dari 40 perusahaan BUMN, yang disalurkan mencapai 120 Ribu Pangan Murah dan disalurkan di 3 Propinsi. (FAZ)