Baju Muslimah Yang Nyaman

Noore Hijab Sport Setara Dengan Merek Dunia

Klik untuk perbesar
Toko Noore. (Foto: niarningrum.com)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Siapa bilang perempuan berhijab tidak bisa tampil cantik dan nyaman saat berolahraga? Meski mengenakan hijab, jika penutup aurat itu bahannya nyaman, maka tidak akan ada pengaruhnya terhadap gerakan olahraga.

Adidharma Sudrajat mendukung perempuan berhijab tetap nyaman dalam melakukan aktivitas olahraga. Lewat produk yang dia ciptakan, masalah olahragawan perempuan setelah berhijrah, mulai teratasi. “Awalnya, istri saya memutuskan berhijab, dan saya memang suka olahraga. Karena dasarnya saya pernah jadi atlet Taekwondo. Nah, olahraga jadi bagian hidup saya dong, meski sudah bukan atlet lagi. Makanya, saya mengajak istri berolahraga tiap hari,” kata Adi kepada Rakyat Merdeka.

Seiring waktu, istrinya memutuskan berhijab. Saat sedang berolahraga, dia melihat istrinya sedikit aneh dengan pakaian olahraganya. Istrinya terlihat tidak nyaman dan kurang modis. Padahal selama ini, istrinya selalu memikirkan penampilan.

"Kayaknya dia nggak nyaman dengan pakaian olahraga yang ada, dia jadi aneh dan kaku. Akhirnya, saya kepikiran untuk bikin hijab sport buat dia,” lanjutnya.

Baca Juga : Atasi Karhutla Riau, Pertamina Dukung BNPB

Adi lalu mulai membuat hijab, semacam inner untuk penutup kepala. Bedanya, dia membuat dengan bahan yang kualitasnya bagus dan nyaman. Karena banyak yang mengaku nyaman memakainya, sekaligus memberi tampilan modis, Adi lalu serius memproduksi secara massal.

“Karena saya lihat sekarang zamannya sudah banyak perempuan aktif berhijab. Jadi saya mau mendukung dengan menciptakan pakaian yang nyaman. Jadi, ketika hijrah tak ada alasan untuk meninggalkan olahraga, misalnya,” tambah dia.


Produk Adi diberi label Noore Hijab Sport, yang menghadirkan lima kategori produk untuk pengguna yang aktif berolahraga. Yaitu head (hijab dan topi), top (atasan, kaus, dan jaket olahraga), bottom (celana khusus olahraga), swimwear (pakaian renang), serta aksesoris lainnya.

Untuk model hijab, Adi memiliki beberapa koleksi rancangan. Mulai dari hijab pendek, hijab dengan pet, hingga hijab yang menutup dada yang hadir dalam 10 warna. Sekadar informasi, akhir 2017 brand olahraga dunia, Nike, sempat dipuji karena merilis produk hijab.

Baca Juga : Nahrawi, Imam Yang Tak Patut Dicontoh

Tak kalah dengan Nike, Noore pakaian olahraga yang dibuat di Bandung, Jawa Barat itu juga lahir di 2017. Mengunggulkan kualitas dan kenyaman yang diklaim tak kalah dengan Nike.

“Kita memang sama kayak pakaian lain, tapi kita mengedepankan desain yang modis, sopan, dan fungsi dari si bahan itu memang untuk berolahraga. Karena tidak semua bahan bisa dipakai nyaman untuk olahraga,” jelas Adi.

Adi merupakan salah satu wirausaha muda kreatif yang pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada 2014 silam. Terbukti di tangan dinginnya, belum genap setahun Noore, dipilih sebagai merek pakaian olahraga Muslimah karya anak bangsa yang menjadi sponsor resmi Asian Games 2018.

Produk Noore juga berhasil menjadi penyedia utama atau official wardrobe untuk dua cabang olahraga di Asian Games, yaitu Taekwondo dan Panjat Tebing. Kisaran harga produk Noore yakni antara Rp 105 ribu sampai jutaan rupiah. Produknya bisa dibeli di situs daring dan gerai Noore di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota lain.

Baca Juga : Keren, WIKA Bangun Terminal Bulk di Zanzibar

Dalam sebulan, kapasitas produksi Noore mencapai 5.800 unit. Jika dirupiahkan, omzetnya hampir Rp 4 miliar. Proses pengerjaannya melibatkan tujuh pelaku UKM di Jawa Barat, dengan bahan baku serta desain yang ditetapkan langsung oleh Adi.


“Kami menggerakkan industri rumahan untuk produksi Noore. Semua bahan, lokal dari Indonesia. Melibatkan pabrik-pabrik dalam negeri yang punya sertifikasi teknologi olahraga,” pungkasnya. [MER]