Mensos Serahkan Bantuan Lebih Dari Rp 3,727 M Untuk Korban Banjir Konut dan Konflik Buton

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) saat menyerahkan bantuanuntuk korban banjir Konawe Utara dan korban konflik sosial di Buton, Rabu (12/6). (Foto: Antara).
Klik untuk perbesar
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) saat menyerahkan bantuanuntuk korban banjir Konawe Utara dan korban konflik sosial di Buton, Rabu (12/6). (Foto: Antara).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan secara simbolis untuk korban banjir di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan korban konflik sosial di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).Bantuan ini diterima langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Penyerahan bantuan sosial dari pemerintah pusat itu dilakukan di Posko Utama Korem 143/Haluoleo Kendari, Rabu (12/6) dengan total bantuan lebih dari Rp 3,727 miliar.

"Ini merupakan bantuan awal dari Kementerian Sosial. Kapan pun bila Pemprov Sultra minta, kami akan bantu," kata Mensos, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Rabu (12/6).

Berita Terkait : Pegadaian Bantu Korban Banjir Di Jakarta

Dalam penyerahan bantuan itu, Mensos turut didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Harry Hikmat, Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, dan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Total bantuan senilai Rp 3,727 miliar lebih itu, akan dialokasikan ke dua tempat. Rinciannya, lebih dari Rp1,534 miliar disumbangkan ke korban banjir Konut. Sisanya, sekitar Rp 2,193 miliar dialokasikan untul penanganan konflik sosial di Buton.

Mensoa mengatakan, bantuan tahap awal ini masih terfokus untuk dua wilayah kabupaten terparah (Konut dan Buton). Ia mengaku, pihaknya sudah mendapat laporan bahwa selain dua kabupaten tersebut, juga beberapa daerah lain di Sultra yang mengalami banjir seperti Konawe, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Kota Kendari.

Berita Terkait : Bamsoet Berikan Bantuan Perahu Karet untuk Eevakuasi Korban Banjir

"Prinsipnya, kami akan tetap memberikan bantuan. Tinggal menunggu pengajuan surat dari gubernur," kata Mensos.

Ia berharap, bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat Konut dan Buton segera disalurkan ke warga dengan menggunakan berbagai akses. Termasuk, meminta kepada aparat TNI, Polri dan instansi terkait seperti Basarnas, Tagana untuk terlibat dalam distribusi bantuan dan evakuasi warga.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, di Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur, tercatat lebih dari 5.000 warga yang sudah mengungsi di tempat yang lebih aman. Sebab, rumah mereka tergenang banjir akibat meluapnya air dari bendungan Wawotobi dengan ketinggian lebih dari 1-2 meter.

Berita Terkait : Bahan Baku Aman, Industri Tekstil Siap Meroket

"Terima kasih kepada Mensos atas bantuan kepada warga korban banjir di Konawe dan konflik sosial di Buton," ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Menurut rencana, Mensos bersama rombongan akan berkunjung langsung ke Konut. Tapi, karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat, Pemprov Sultra memutuskan penyerahan bantuan secara simbolis itu diserahkan di Kendari. [SRI]