RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pejabat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Luar Negeri bersiap menyambut kedatangan jenazah Kepala Pusat Data Informasj dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dari China, yang dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/7) sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga : Dalam 24 Jam, Kasus Positif Nambah 4.294, Totalnya Kini 328.952

Seperti dilansir ANTARA, Protokoler Kepala BNPB Ramli Karim mengatakan, setibanya di bandara, jenazah akan diterima oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama sejumlah pejabat Eselon I. Setibanya di bandara, jenazah akan diturunkan dari pesawat kemudian dibawa menggunakan mobil kargo ke ruang kargo jenazah untuk dibuka peti pelindungnya. Setelah itu, jenazah akan dibawa ke rumah duka di Depok, Jawa Barat dengan menggunakan mobil jenazah.

Baca Juga : Tanggung Jawab Bersama, Keselamatan Di Perlintasan Kereta Api

Kepulangan jenazah dari bandara ke rumah duka akan didampingi oleh Kepala BNPB dan istri almarhum, Retno Utami Yulianingsih dan akan diserahterimakan oleh Kepala BNPB Doni Monardo kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, akan menunggu di rumah duka.

Baca Juga : Survei PBB, Hasil Survei e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat

Sutopo yang tercatat sebagai alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu (7/7) sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou, China. Sejak 15 Juni lalu, Sutopo yang menderita penyakit kanker stadium IV B sejak 2017, menjalani pengobatan kanker di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, China. [HES]