Agenda Bangsa Berjalan Aman

Jokowi Ucapan Terima Kasih Pada Polri

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi (kanan/di atas mobil) saat melakukan inspeksi pasukan pada Upacara Hari Bhayangkara Ke-73, di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (10/7). (Foto: Setkab RI).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam 2 tahun ini bangsa Indonesia mempunyai agenda-agenda yang sangat besar. Tahun lalu, kita menyelenggarakan Pilkada serentak, kita menjadi tuan rumah Asian Games, Asian Para Games dan IMF World Bank Annual Meeting 2018, dan di tahun ini kita menyelenggarakan proses pemilu serentak selama 8 bulan.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, Alhamdulillah semua berjalan aman, semua berjalan sangat sukses. Ini semua adalah berkat kerja keras Polri yang bersinergi dengan TNI. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Presiden Jokowi dalam amanatnya pada Upacara Peringatan Ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu (10/7).

Berita Terkait : Kepala BIN Berperan Di Balik Pertemuan Jokowi Dengan 61 Tokoh Papua


Kondisi Kamtibmas yang kondusif, lanjut Jokowi juga dirasakan masyarakat. Suasana Ramadhan, suasana mudik, suasana Idul Fitri dan suasana Natal yang tentram dan menggembirakan, penanganan bencana dilakukan dengan cepat ditengah tantangan yang berat. “Sekali lagi, ini semua berkat kerja keras Polri dan TNI yang selaku sinergis. Untuk itu sekali lagi saya mengucapkan terima kasih,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak semua peserta upacara untuk mendoakan  personil Polri yang cidera dalam tugas diberikan kesembuhan. Sementara kepada  personil Polri yang gugur dalam menjalankan tugas, Jokowi mendoakan untuk mendapatkan tempat yang paling mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan  keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran dan kekuatan.

Berita Terkait : Ada Perang Dagang, Jokowi Minta Ekspor Mebel Dan Produk Kayu Digenjot

Jokowi meminta agar dalam menjalankan tugasnya Polri harus terus meningkatkan akuntabilitas, dan harus terus meningkatkan transparansi. Jokowi mengapresiasi capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk polri. Ia juga menghargai indeks reformasi birokrasi Polri yang mengalami peningkatan, dan  menghargai banyak zona integritas yang dibangun oleh Polri, serta mengapresiasi tingkat kepercayaan publik terhadap Polri yang terus meningkat.


Namun itu semua, menurut Jokowi, tidak cukup karena tantangan yang kita hadapi semakin kompleks. Oleh karena itu, Jokowi menegaskan, profesionalitas dan prestasi Polri harus terus ditingkatkan. [SRI]