Menhub Cek Kesiapan Pelabuhan Di Danau Toba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto : M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto : M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara, Minggu (28/7/2019).

Tujuan kedatangan ke Sumatera Utara untuk meninjau rencana pengembangan infrastruktur transportasi di Danau Toba.

Danau Toba menjadi salah satu daerah prioritas untuk dikembangkan pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan, mengatakan Menhub Budi Karya Sumadi dijadwalkan akan bertolak ke Danau Toba meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada.

Berita Terkait : Wamen PUPR Keluhkan Pembangunan Di Daerah Lambat

"Kementerian Perhubungan sangat mendukung program untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan," ujar Hengki, Minggu (28/7/2019).

Di Danau Toba, Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita.

Pada saat ini, pemerintah telah membangun pelabuhan penyeberangan di 8 lokasi pelabuhan utama di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yaitu pelabuhan Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan.

Kemudian, membangun kapal penyeberangan sebanyak 3 unit kapal Ro-Ro dan 1 Unit Bus Air, termasuk K.P Ihan Batak yang telah diresmikan.

Berita Terkait : Pelindo III Klaim Pelayanan Sandar Pelabuhan Makin Cepat

Menurut Hengki, Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan baik dalam aspek keselamatan maupun pelayanan pada transportasi penyebrangan yang ada di Danau Toba Seperti Pelabuhan Muara, Ajibata, Ambarita dan pelabuhan lainnya yang menjadi pelabuhan untuk masyarakat dan wisatawan dari dan menuju ke Pulau Samosir dan sekitarnya.

Dia menambahkan, Menhub akan meninjau kapal-kapal di pelabuhan penyebrangan untuk mengecek apakah sudah melakukan SOP keselamatan dengan baik dan benar, sudah ada life jaket dan pendataan manifest yang jelas.

Selama ini, pemerintah juga melakukan peningkatan kualitas SDM bagi para pengelola pelabuhan di KSNP Danau Toba.

Sosialisasi keselamatan juga telah dilakukan melalui penerapan Bulan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, ramp check kapal, pembagian life jacket dan life buoy.

Baca Juga : Kapan Virus Corona Wafat? Wallahualam

"Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan," tambah Hengki.

Akan turut hadir mendampingi Menhub dalam kunjungan tersebut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan jajaran Pemerintah Daerah. [FAZ]