Kemenag Tetapkan 10 Zulhijah 11 Agustus

Alhamdulillah, Idul Adha Kita Kembali Kompak

Logo Kementerian Agama (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Logo Kementerian Agama (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) sudah melakukan Sidang Isbat untuk menentukan awal Zulhijah tahun ini. Dalam Sidang Isbat itu diputuskan, 1 Zulhijah 1440 H jatuh pada 2 Agustus 2019.
Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, mengatakan bulan baru (hilal) 1 Zulhijah 1440 H terpantau di 10 titik di Indonesia pada Kamis malam (1/8). Dengan begitu, Jumat sudah masuk tanggal 1 Zulhijah 1440 H.

"Rukyatul hilal dilakukan di 92 titik. Berdasarkan laporan dari daerah yang menyaksikan hilal dan disumpah pengadilan ada 10 titik yang melihat hilal," kata Amin, dalam jumpa pers Sidang Isbat, di Jakarta, Kamis (1/8).

Berita Terkait : Alhamdulillah, Belum Ada Kasus Corona Di Indonesia

Berdasarkan pemantauan Tim Rukyat di salah satu titik, hilal sudah nampak di atas ufuk setinggi 2 derajat 4 menit hingga 3 derajat 27 menit. Ketinggian hilal yang mencapai dua derajat atau lebih memenuhi kriteria bulan baru terlihat.

Jika hilal terlihat, kata dia, maka bulan Zulkaidah menjadi 29 hari sehingga pada 1 Agustus petang hingga 2 Agustus petang masuk 1 Zulhijah.

Baca Juga : Kepala Layanan Medis Darurat Iran Tertular Virus Corona

Amin mengatakan, dengan penetapan 1 Zulhijjah 1440 H pada Jumat (2/8), maka Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijjah 1440 H akan akan jatuh pada Minggu (11/8). Dengan penetapan ini, pelaksanaan Idul Adha di Indonesia akan kembali bareng. Seperti Idul Fitri dan Idul Adha yang lalu. Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha juga dilaksanakan pada 11 Agustus 2019. [USU]