Sebelumnya 
Menurut data Kementerian Tenaga Kerja tahun 2013, di antara penyandang disabilitas yang menganggur ada 23,9 persen penyandang disabilitas yang berstatus sebagai Kepala Rumah Tangga. “Ditilik dari populasinya, hal ini merupakan angka yang besar sekali. Hal ini memberikan pesan agar kita serius menanganinya masalah ini. Karena kondisi tersebut, berpotensi melahirkan lebih banyak kemiskinan-kemiskinan pada generasi berikutnya,” kata Agus.

Berita Terkait : Kemenperin Gelar Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia

Pemerintah, kata Agus, berkewajiban meningkatkan kemandirian ekonomi penyandang disabilitas dengan memperluas lapangan kerja. Hal itu sejalan komitmen terhadap penghormatan, penegakan, pemenuhan dan perlindungan hak penyandang disabilitas di Indonesia.

Berita Terkait : Kerek Penjualan, Menperin Usulkan Pajak Mobil Baru 0 Persen

“Pemerintah sungguh-sungguh berupaya mewujudkan masyarakat yang inklusif melihat peran penyandang disabilitas, yang bebas dari hambatan, dan dengan keterbatasan yang dimilikinya dapat tetap berpartisipasi secara penuh, aktif dan setara di masyarakat,” katanya. Agus mengatakan, tahun depan pemerintah mempriori¬taskan pemberian pendidikan dan pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas rungu dan wicara. [QAR]