RMco.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki soal lokasi baru Ibu Kota akan segera terungkap. Rencananya, Presiden Jokowi akan mengumumkan lokasi baru Ibu Kota pada hari ini, Senin (26/8).

Informasi ini diperoleh melalui video berdurasi satu menit berjudul 'Upcoming LIVE | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru' yang diposting akun Youtube Sekretariat Presiden pada hari ini, Senin (26/8).

Baca Juga : Rusia Minta Perang Di Nagorno-Karabakh Diakhiri

Video tersebut antara lain menayangkan momen saat Presiden Jokowi yang meminta izin pemindahan Ibu kota dalam Pidato Nota Keuangan dan RAPBN 2020 di Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8).

"Dengan ini, saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke Pulau Kalimantan," demikian cuplikan pidato Jokowi, dalam video tersebut.

Baca Juga : Polisi Amankan 39 Pemuda di Sekitaran DPR, Ngakunya Dapat Undangan Dari Medsos

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengungkapkan, lokasi baru Ibu Kota berada di Kalimantan Timur (Kaltim). "Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya," kata Sofyan usai menghadiri rapat di Kantor Menteri Koordinatof Perekonomian, Kamis (22/8).

Namun, sehari berselang, Sofyan meralat pernyataannya. "Kaltim itu alternatifnya. Itu saya koreksi. Salah satu alternatif. Tunggu saja. Ada beberapa studi yang dikerjakan Bappenas. Nanti, akan diumumkan Presiden," jelas Sofyan di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Jumat (23/8). [HES]