Menpan RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Di Lippo Plaza Bogor

Menpan RB Syafruddin (kedua kiri) salaman dengan pendiri Group Lippo Mochtar Riady (ketiga kanan) disaksikan Walikota Bogor Bima Arya (kiri), Preskom PT. Lippo Karawaci John Prasetyo (kedua kiri) dan Presdir PT. Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, Senin (26/8). (Foto: Ist)
Klik untuk perbesar
Menpan RB Syafruddin (kedua kiri) salaman dengan pendiri Group Lippo Mochtar Riady (ketiga kanan) disaksikan Walikota Bogor Bima Arya (kiri), Preskom PT. Lippo Karawaci John Prasetyo (kedua kiri) dan Presdir PT. Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, Senin (26/8). (Foto: Ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka -
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, Senin (26/8). Ini menjadi MPP pertama di Jawa Barat dan berlokasi di pusat perbelanjaan.

Dengan menempati area seluas 740 meter persegi, MPP memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses 145 jenis layanan dan perizinan dari 14 instansi pemerintah. Seperti Kementerian terkait, BUMN, BUMD, Pemprov Jawa Barat, dan Pemkot Bogor.

Peresmian MPP dihadiri juga oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Pendiri dan Chairrman Lippo Group Mochtar Riady serta didampingi manajemen Lippo Karawaci. 

Baca Juga : Gondol Piala Liga Inggris, Guardiola : Ini Luar Biasa

Syafruddin dalam sambutannya mengatakan, MPP adalah salah satu inovasi pelayanan publik yang menjadi program pemerintah yang diharapkan dapat melayani masyarakat dan juga sekaligus menjadi destinasi wisata di Bogor.

Mochtar Riady mengatakan, Lippo Group melalui Lippo Malls bersyukur atas kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam program pemerintah melayani masyarakat Bogor. “Kami berharap MPP dapat membantu menghadapi perkembangan teknologi dan digital,” katanya.

Dengan adanya MPP ini, kata dia, masyarakat akan dimudahkan dalam mengakses ragam layanan publik dari 14 instansi pemerintah di pusat dan daerah. Melihat besarnya manfaat MPP, dia berencana untuk mereplikasi program tersebut di berbagai pusat perbelanjaan yang dimiliki. “Ini selaras dengan tujuan utama grup untuk terus melayani masyarakat dan membangun bangsa,” katanya.

Baca Juga : El Real 2-0 Barcelona : Messi Lewat, Vinicius Mengkilat

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, MPP Lippo Plaza Bogor mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik dan merupakan ikhtiar untuk ikut serta dalam gerbong reformasi birokrasi yang transparan dan real time. “Dan kami akan berupaya agar MPP tidak hanya sekedar melayani, namun juga memudahkan dan membahagiakan masyarakat kota Bogor,” katanya.

Lippo Keboen Raya Bogor yang berlokasi di jantung kota Bogor, merupakan mal dengan fasilitas terintegrasi yang menawarkan berbagai macam pelayanan bagi masyarakat. Rumah Sakit Siloam menempati tiga lantai dari keseluruhan mal. 

Di dalam mal juga terdapat pusat perbelanjaan dengan konsep one stop shopping. Penempatan MPP di mal ini sejalan dengan konsep Lippo Malls Indonesia, yaitu menjadikan pusat perbelanjaan sebagai service center untuk memenuhi segenap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Geger Anjani Hamil Dan Corona

MPP di Lippo Keboen Raya Bogor yang resminya bernama Graha Tiyasa ini merupakan pusat layanan pemerintah yang diluncurkan di Indonesia dengan konsep mal. Instansi pemerintah yang tergabung dalam MPP ini antara lain adalah DPM PTSP Kota Bogor, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor, Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor, PDAM Tirta Pakuan, Polres Kota Bogor, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi Kelas 1, Bank BJB, Samsat, dan lain sebagainya. Lippo Keboen Raya Bogor merupakan bagian dari jaringan Lippo Malls Indonesia (LMI). [DIT]