RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan turut berbelasungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

BKS-sapaan Budi Karya mengungkapkan, banyak sumbangan yang diberikan Habibie di bidang transportasi. "Presiden kita ketiga, semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik. Beliau salah satu putra terbaik bangsa. Yang sulit mencari gantinya. Satu keahlian yang luar biasa," kata BKS, Rabu (11/9).

Baca Juga : 2 Jurus Hadapi Intoleransi: Perkuat Literasi, Dewasa Olah Informasi

Menurutnya, sosok Habibie patut dijadikan contoh generasi penerus bangsa. 

"Ini menjadi suatu contoh bagi kita terutama anak-anak muda, yang sedang melakukan penerapan diri, mahasiswa, atau yang sedang berkarya yang masih muda bisa menjadi contoh," tuturnya.

Baca Juga : Jadi Jurkam Gibran, Sandi Belum Turun Gunung Ke Solo

BKS juga sangat berterima kasih atas kontribusi Habibie mendirikan pabrik kereta, PT INKA yang berbasis di Madiun, Jawa Timur. Pabrik itu didirikan Habibie pada 1981.

"Kami mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa Pak Habibie sebagai insan kereta api dan transportasi. Banyak berjasa terhadap pengembangan INKA, dan INKA bisa menjadi perusahaan yang baik. Mampu membangun industrinya, bisa bersaing dengan lainnya," katanya.

Baca Juga : Desie : PSBB Ketat DKI Diperpanjang Masyarakat Kelas Bawah Makin Terpuruk

Tak hanya INKA, semasa hidupnya, Habibie adalah sosok yang berjasa bagi industri penerbangan nasional. Berkat Habibie lah Indonesia bisa memproduksi pesawat sendiri yaitu lewat Pesawat N250 buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero). [KPJ]