Bakar Honai Kadistrik Kimak, TNI-Polri kejar KSB

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aparat keamanan TNI-Polri saat ini melakukan pengejaran terhadap kelompok sipil bersenjata (KSB), yang melakukan pembakaran terhadap honai (rumah khas di pegunungan tengah) milik Kepala Distrik Kimak, Kabupaten Puncak, Papua.

Seperti dilansir Antara, Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto membenarkan adanya pembakaran honai milik Kadistrik Kimak, Sabtu malam (28/9). Paginya, KSB menembaki sambil teriak menyatakan siap berperang dengan TNI-Polri, hingga menyebabkan warga sipil ketakutan.

Berita Terkait : Pengawasan Industri Keuangan Di Bawah OJK Dinilai Stabil

Agar aksi KSB tidak meluas, aparat keamanan melakukan pengejaran dan berjaga-jaga di sekitar lokasi yang diperkirakan menjadi lintasan kelompok tersebut.

"Tidak benar ada honai dibakar aparat keamanan karena yang membakar adalah KSB," tegas Eko Daryanto.

Baca Juga : Soal Upah Buruh, Ini Penjelasan Aice

Ditanya soal kelompok yang menjadi pelaku pembakaran dan sejumlah aksi penembakan di Kabupaten Puncak, Eko mengatakan -  dari laporan yang diterima - terungkap kelompok itu dipimpin Penni Murib dan Telaga Telenggen.

"Warga saat ini mengungsi ke Koramil Ilaga dan anggota masih terus bersiaga," kata  Eko Daryanto.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Dalam seminggu terakhir, KSB menembak tiga warga sipil hingga meninggal yakni dua tukang ojek bernama Sattiar alias Midung dan La Ode Alwi pada Kamis (26/9),dan Syahrudin,  Sabtu (28/9). [HES]