Tahun 2021, Gambir Pensiun, KA Jarak Jauh Terpusat di Manggarai

Pintu masuk Stasiun Manggarai (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Pintu masuk Stasiun Manggarai (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Stasiun Gambir dipastikan pensiun alias tak lagi melayani kereta api (KA) jarak jauh, mulai tahun 2021.

Kereta jarak jauh kelas ekonomi dan bisnis, ataupun kelas eksekutif tak lagi terpusat di Stasiun Gambir. Sebagai gantinya, KA jarak jauh akan terpusat di Stasiun Manggarai.

Demikian dikatakan Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Supandi.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

"Nantinya, kereta jarak jauh akan berhenti di Manggarai. Yang tujuan ke Stasiun Senen, tetap ke Stasiun Senen. Tidak ada perubahan," katanya kepada RMco.id, Senin (7/10).

"Semuanya akan di Manggarai untuk mengurangi antrean. Karena, itu juga akan jadi bottleneck nanti di Gambir. Saat ini, KRL kan sering ditahan-tahan tuh kalau mau masuk Manggarai," sambung Supandi.

Nantinya Stasiun Gambir hanya akan melayani KRL Commuter Line yang selama ini tak boleh naik dan turun di stasiun tersebut, Kereta Khusus, dan Kereta Istimewa.

Baca Juga : Sejumlah Wilayah Di Indonesia Rentan Rawan Pangan

"Kereta Khusus bisa untuk pejabat negara, atau mungkin presiden. Termasuk, Kereta Istimewa yang disewa khusus," jelasnya.

Info soal Stasiun Manggarai bakal menjadi pusat stasiun, sebelumnya juga disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi atau BKS.

"Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi central station. Tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini," ujar BKS saat peluncuran KA Bandara pada Sabtu (5/10). [KPJ]