Menhan Akan Bagikan Sembako Ke Korban Kerusuhan Wamena

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat tiba di Lanud Sultan Hasanudin Makassar, Rabu (9/10).
Klik untuk perbesar
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat tiba di Lanud Sultan Hasanudin Makassar, Rabu (9/10).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dijadwalkan akan mengunjungi beberapa lokasi penampungan korban kerusuhan Wamena, Jayapura, Papua, Kamis (10/10). Pada kesempatan itu, Menhan juga direncanakan akan membagikan sembako kepada para pengungsi.

"Lokasi penampungan yang akan dikunjungi pak menhan yaitu Posko Palopo Sentani, Yonif 751, Lanud Sentani dan di Rindam," kata Kepala Biro Humas Kemhan Brigadir Jenderal Totok Sugiharto saat transit di Makasar, Rabu (9/10).

Berita Terkait : Kenaikan Tunkin Kejaksaan Wujud Penerapan Reward and Punishment

Jenderal bintang satu itu juga menjelaskan, selain ke lokasi pengungsian, Menhan Ryamizard juga berencana menggelar pertemuan dengan para tokoh adat, tokoh agama, pemuda dan seluruh elemen masyarakat di wilayah adat Tabi/Matma.

"Di pertemuan itu Menhan intinya ingin menyapa dan berinteraksi secara dekat dengan masyarakat disana, dan menyampaikan pesan perdamaian, kerukunan, serta persatuan dan kesatuan untuk masa depan Papua yang aman, damai dan sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Baca Juga : Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Sukseskan Program Prioritas Nasional

Totok mengungkapkan, disela-sela pertemuan dengan masyarakat Tabi, juga akan digelar upacara pengangkatan Menhan sebagai anak suku adat setempat dengan gelar Kakak Besar Tabi. "Pengangkatannya akan ditandai dengan pemakaian atribut adat Tabi oleh Kepala Suku se-wilayah Tabi Ondofoto Ramses Ohee, serta ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan tugu monumen Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Anak Adat Tabi," ujarnya.

Dalam kunjungannya kali ini Menhan didampingi Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko H., Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Ida Bagus Purwalaksana,  Dirjen Pothan Kemhan Prof. Bondan Tiara Sofyan., Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Desano Indrasakti dan Asisten Menhan Bidang Intelijen Mayjen TNI Ilyas.

Baca Juga : Cegah Corona, Pegawai Kemendes PDTT Wajib Cek Kesehatan

Selain itu, beberapa Pejabat Kemhan lainnya yang turut serta dalam kunjungan ini ialah, Asisten Menhan Bidang Operasi Mayjen TNI Hafil, Kabadiklat Kemhan Laksda TNI Benny Riyanto, Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Herman Djatmiko, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, S.Sos, dan Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie. [DNU]