Papua Tidak Siap, Popnas 2019 Digelar Di Jakarta

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto (tengah) saat menghadiri Chef de Mission (CdM) meeting Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Rabu (16/10).  (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto (tengah) saat menghadiri Chef de Mission (CdM) meeting Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Rabu (16/10). (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dipastikan akan tetap berjalan. Bukan di Papua, melainkan di Jakarta. Rencananya Popnas akan dilaksanakan pada 17-24 November 2019.

Ketegasan itu disampaikan Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto saat menghadiri Chef de Mission (CdM) meeting Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Rabu (16/10). Dalam rapat tersebut, Sesmenpora menegaskan Popnas akan tetap berjalan sesuai rencana.

Berita Terkait : Pegadaian Bantu Korban Banjir Di Jakarta

Sesmenpora menjelaskan, rapat ini juga memastikan kesiapan untuk penyelenggaraan event tersebut. "Terima kasih, Popnas tetap harus diadakan dan diharap berjalan dengan sukses. Apapun yang terjadi harus baik. Jadi, ini untuk memastikan bahwa Popnas tetap berjalan sesuai rencana. Pembahasan mengenai kedatangan, pembukaan, pertandingan, penutupan, hingga kembali ke daerah masing-masing harus dibahas detailnya," kata Sesmenpora.

Sementara itu, Plt Kadispora Papua Alexander Kapisa yang hadir memberi penjelasan terkaitnya batalnya Papua menjadi tuan rumah pekan olahraga untuk pelajar itu. Venue yang belum siap menjadi salah satu faktor.

Baca Juga : Yang Penting Juara, Mane Anggap Tak Penting Medali

"Atas nama Pemerintah Provinsi Papua, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena batalnya penyelenggaraan Popnas di Papua. Sekali lagi, kami menyampaikan permohonan maaf. Saya harap adanya pemahaman. Ada kendala teknis dan non-teknis. Ada venue yang tidak bisa digunakan. Kondisi venue dibawah 50 persen," jelasnya.

Informasi yang dihimpun, kedatangan peserta Popnas dijadwalkan pada 16 November 2019. Sedangkan untuk pembukaan-penutupan pada 17-24 November dengan mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Baca Juga : Suzuki Pasrah MotoGP Qatar Batal Gegara Corona

Sementara, untuk kepulangan peserta ke daerah masing-masing keesokan harinya. Rencananya, pembukaan dan penutupan Popnas akan dilangsungkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan.

Hadir pada kesempatan ini, Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti, Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga Washinton, dan Plt Kadispora Papua Alexander Kapisa. [IPL]