Sudah 20 Tahun Lebih Kenal Arifin Tasrif

Sertijab ESDM: Jonan Senang Digantikan Kawan Lama

Kiri ke kanan: Arifin Tasrif, Ignasius Jonan, dan Arcandra Tahar dalam acara Serah Terima Jabatan Menteri ESDM di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10) siang. (Foto: Humas ESDM)
Klik untuk perbesar
Kiri ke kanan: Arifin Tasrif, Ignasius Jonan, dan Arcandra Tahar dalam acara Serah Terima Jabatan Menteri ESDM di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10) siang. (Foto: Humas ESDM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) digelar siang tadi di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta.

Arifin Tasrif menggantikan Ignasius Jonan, yang menjabat Menteri ESDM pada Kabinet Kerja. Keduanya, bersama Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, datang ke Ruang Sarulla pukul 12.20 WIB.

Ketiganya disambut para pegawai yang berdiri berjejer, mengular hingga di luar pintu masuk Ruang Sarulla.

Jonan menyalami satu per satu pegawai, sambil menanyakan kabar. Selain menjawab pertanyaan Jonan, para pegawai ini mengucapkan terima kasih. Serta, doa bagi Jonan. "Sukses ya pak," ujar para pegawai disambut senyum oleh Jonan.

Sertijab pun digelar. Ditandai dengan penandatanganan berita acara. Setelah itu, Jonan memberi sambutan. "Saya ucapkan selamat pada Bapak Arifin, Pak Duta Besar menggantikan saya," ujar Jonan.

Baca Juga : BNI Berikan Fasilitas Istimewa Buat Nasabah Emerald

Untuk diketahui, sebelum menjabat menteri, Arifin merupakan Duta Besar Indonesia untuk Jepang di KBRI Tokyo. Ia merupakan satu dari 17 duta besar yang dilantik Jokowi pada 13 Maret 2017 lalu.

"Saya senang digantikan kawan lama, saya mengenal beliau 20 tahun lebih," imbuh Jonan.

Ia mengungkap, Arifin tak asing dengan dunia energi dan sumber daya alam. Dengan begitu, Jonan meyakini, mantan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia itu mampu memberikan yang terbaik kepada Indonesia.

Jonan juga berpesan kepada Arifin, agar selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Utamanya, terkait listrik dan elpiji/gas.

Arcandra Tahar ikutan pamit. "Ada masanya kita bertemu, ada masanya kita berpisah," ujar Arcandra, yang memberi sambutan sebelum Jonan.

Baca Juga : Komisi IV Dukung Temanggung Jadi Sentra Terbesar Bawang Putih

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak, terutama rekan-rekan dari Kementerian ESDM, yang sudah bekerja sama dengan sangat baik selama kami bertugas di sini," tambah Arcandra, yang juga memberikan selamat pada Arifin.

Setelahnya, giliran Arifin yang memberi sambutan, usai mengucapkan terima kasih kepada duet Jonan dan Arcandra, yang telah bekerja baik selama ini. Ia berjanji, akan berusaha secepat mungkin beradaptasi dengan lingkungan kerja ESDM, dan bekerja secara bersama-sama.

"Mohon kerja sama memajukan kementerian ini, mensejahterakan bangsa ini. Terima kasih kepada Pak Jonan, atas darma baktinya selama ini," tutur Arifin.

Program Bio Diesel 

Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) MP Tumanggor menilai, Arifin Tasrif yang baru saja terpilih menjadi Menteri ESDM adalah orang cerdas yang loyal kepada pimpinan, dan memiliki integritas yang tinggi.

Baca Juga : Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Den Haag Gelar Perayaan Galungan dan Kuningan

Penilaian serupa juga ia berikan kepada Ignasius Jonan, yang baru saja melepas jabatan sebagai Menteri ESDM dalam Sertijab siang ini.

“Saya mengenal Menteri Arifin Tasrif hampir 20 tahun, sewaktu beliau di BUMN Rekayasa Industri, Petro Kimia hingga beliau jadi Dubes RI di Tokyo. Sewaktu beliau Dubes, sangat berjuang untuk Sawit Indonesia. Demikian juga Pak Jonan. Dalam setiap kesempatan pertemuan di Eropa, Amerika dan Uni Emirat Arab, selalu melakukan diplomasi. Berjuang agar Bio Diesel dapat diterima di negara-negara yang dikunjungi,” ungkap Tumanggor.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Jonan, karena di masa beliau, program B15 dan B20 berjalan baik. Dan rencananya akan mulai B30 pada Januari 2020. Saya yakin betul, di tangan Pak Arifin Tasrif, program Bio Diesel akan sukses,” pungkasnya. [OKT]