Jokowi Pastikan Tak Terbitkan Perppu KPK

Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan tidak akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu), untuk mencabut Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hasil revisi.

Dia beralasan, menghormati proses uji materi UU KPK yang tengah berjalan di Mahkamah Konsitusi (MK).

Berita Terkait : Polisi Tangkap Tersangka Penipu Putri Arab

"Kita melihat bahwa sekarang ini masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu," ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Eks Walikota Solo itu menyatakan, tak elok jika dirinya mengeluarkan sebuah peraturan, sementara proses uji materi di MK masih berlangsung. Menurutnya, sikap ini adalah bagian dari sopan santun dalam bertata negara.

Baca Juga : Wamendes Budi Arie Pastikan, 433 Desa Tanpa Listrik Bakal Segera Terang-Benderang

"Jangan ada orang yang masih berproses di uji materi, kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain. Saya kira, kita harus tahu sopan santun," tegasnya.

Ini pertama kalinya Jokowi kembali bicara soal Perppu KPK. Terakhir, dia membicarakannya pada 29 September lalu. Saat itu, Jokowi menyatakan tengah mempertimbangkan opsi penerbitan Perppu.

Baca Juga : Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gorontalo, Fadel Cerita Usulan Amandemen UUD 1945

Sejumlah kalangan, termasuk anggota DPR juga menyarankan mereka yang tidak puas dengan UU KPK hasil revisi, agar melakukan uji materi ke MK. [OKT]