Jokowi Heran Cangkul Saja Impor

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kecewa neraca perdagangan Indonesia masih defisit karena kebanyakan impor. Apalagi yang diimpor seperti cangkul yang seharusnya bisa diproduksi di dalam negeri.

“Kok kita masih hobi impor. Kebangetan banget. Uangnya pemerintah lagi, kebangetan kita ini. Kalau itu masih diterus-teruskan, kebangetan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, di Plenary Hall JCC, Jakarta, Rabu (6/11) pagi. 

Berita Terkait : SBY Hargai Inisiatif Jokowi Bangun Ibu Kota Baru

Pada kesempatan eks Wali Kota Solo itu mempertanyakan apakah cangkul tidak bisa didesain dan diproduksi industri UKM. “Ini Pak Roni (Roni Dwi Susanto, Kepala LKPP, red), juga Pak Menteri Bappenas tolong hal-hal seperti ini didesain. Strategi dalam kita mendesain berkembangnya industri-industri UKM yang ada di negara kita,” tegas Jokowi seperti dikutip dari situs Setkab.

Menurutnya, baru satu barang. Barang yang lain masih ribuan. “Enak banget itu, di negara yang di mana barang itu kita impor, enak banget itu. Kita ini masih defisit transaksi berjalan, kita ini masih defisit neraca perdagangan. Impor barang seperti itu yang sebetulnya kita sambil tidur aja bisa buat,” sindirnya.

Berita Terkait : Akan Evaluasi KPK, Jokowi: Agar Tidak Sporadis

Impor itu enak banget karena harganya pasti murah. Artinya, yang ngimpor untungnya lebih gede. Tapi di sini ruang untuk menciptakan lapangan pekerjaan jadi hilang. [DIT]