RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Idham Aziz di Kantor LHK, Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (12/11) siang.

Keduanya, sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah kehutanan dan lingkungan.Prioritas utamanya, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kemudian diikuti oleh masalah illegal logging  dan  penanganan pencemaran limbah yang sudah cukup serius saat ini. 

“Kami sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dengan prioritas utama karhutla,”kata Nurbaya.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo,  Kadiv Humas Polri,  Irjen M Iqbal, dan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran. 

Berita Terkait : TMC Riau Klaim Berhasil Kurangi Api Di Hutan

Sedangkan dari KLHK,  Nurbaya didampingi Sekjen Bambang Hendroyono, Dirjen Planologi Segit Hardwinarto , dan Dirjen Gakkum Rasio Ridho Sani.

Kepada Kapolri, Nurbaya mengungkapkan, tentang rencananya  hingga Desember mendatang untuk  formulasi langkah pencegahan dengan penetapan Satgas lebih awal.

Nurbaya juga menyampaikan  bahwa sudah ada pembicaraan dengan Menteri Pertanian tentang langkah pencegahan Karhutla. Misalnya, saat pembukaan lahan tanpa dibakar dan dukungan sarana/prasarana  bagi yang bisa meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. 

“Sehingga dengan cara seperti ini, mereka tidak perlu lagi melakukan pembakaran saat membuka lahan. Sebab, dengan pola pembakaran, dampaknya bisa meluas,” ujarnya.

Berita Terkait : Manggala Agni KLHK Sukses Jinakan Api Di Jawa Timur

Lebih lanjut Nurbaya mengatakan, law enforcement disepakati sebagai langkah kunci mengawal isu LHK, dan ini akan konsisten diikuti sampai ke lapangan (daerah). Di mana akan dilakukan kerja sama erat antara jajaran KLHK dan Polri.“Saya berterima kasih atas kunjungan Kapolri beserta jajaran ke Manggala Wanabhakti ini,” ucapnya.

Dukungan Polri

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengatakan, Polri  sejalan dengan Menteri LHK dalam menangani masalah Karhutla di sejumlah daerah.

“Jajaran Polri mendukung penuh langkah kerja KLHK, dan konsep langkah-langkahnya sedang kami persiapkan. Semua itu  untuk Indonesia agar jadi lebih baik,” ujar Kapolri.

Baca Juga : Ciptaker Seperti Supersemar

Kapolri mengaku, sudah melakukan evaluasi dari lapangan di berbagai daerah terkait karhutla seperti Dayeuh Kolot, Jabar.  

“Karhutla, illegal logging dan pencemaran limbah menjadi perhatian khusus kami.” ujar Kapolri. [FIK]