Ketemu Dubes India, Menhan Bahas Pertukaran Prajurit Dan Kemaritiman

Klik untuk perbesar
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (13/11). (Foto: Humas Kemhan)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (13/11). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan berbagai upaya untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama bilateral khususnya di bidang pertahanan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Pak Dubes India tadi sempat menyampaikan keinginan India untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia khususnya di bidang pelatihan dan pendidikan, yakni melalui pertukaran siswa dan pengajar," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Karo Humas Setjen Kemhan) Brigjen TNI Totok Sugiharto.

Berita Terkait : Bertemu di Bali, Prabowo dan Menhan Australia Bahas Kerja Sama Pertahanan

Dalam pertemuan yang singkat ini, Jenderal bintang satu itu menjelaskan bahwa Dubes India juga berharap penguatan kerja sama itu menyasar ke sektor kemaritiman. Tujuannya agar kerjasama yang terjalin dapat memperbesar peran kedua negara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan khususnya Indo-Pasifik.

"Pak Prabowo sendiri menyambut baik ajakan tersebut dan berharap kerjasama dan persahabatan antara Indonesia dan India dapat terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati. Apalagi di saat seperti sekarang di mana pemerintah Indonesia juga sedang berupaya memperkuat jati diri sebagai negara maritim," jelasnya.

Berita Terkait : Perkuat Alutsista, Menhan Janji Dukung Industri Pertahanan Swasta

Totok juga mengakui, hubungan Indonesia dan India di bidang pertahanan selama ini sudah berjalan dengan baik. Khususnya di bidang pendidikan yang sejauh ini telah melakukan pertukaran pelajar yang jumlahnya sudah mencapai ratusan.

"Sampai dengan tahun 2019, tercatat sebanyak 368 Prajurit TNI mengikuti pendidikan di India, dan sebaliknya 50 Prajurit India mengikuti pendidikan di Indonesia," akunya.

Berita Terkait : Rakor Di Kuningan, Tito Bahas Penguatan Perbatasan

Saat bertemu Dubes India, Prabowo didampingi Dirjen Kuathan Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan dan Karo Humas Setjen Kemhan. Sementara, Dubes India didampingi Atase Pertahanan India di Jakarta.

Sebelumnya, Prabowo juga menerima kunjungan Dubes Malaysia, dan Deputy Director of FSMTC Chairman of The Russian Party of the Commission, Mr Michael Petukhor. [DNU]