RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memuji konstruksi jembatan bentang panjang proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Jokowi kagum dengan kontraktor dan sang perancang, yang ternyata "produk lokal", lulusan Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Konstruksi jembatan ini melayang di atas flyover Tol Dalam Kota yang berada di Simpang Kuningan, Jakarta Selatan. Di bawah flyover, terdapat underpass yang menghubungkan kawasan Mampang dan Kuningan.

"Sudah melayang di atas flyover, melengkung pula di ketinggian. Begitulah rumitnya pekerjaan jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang melayang di atas flyover Kuningnan, Jakarta Selatan ini," kata Jokowi, seperti diunggah di akun Instagram pribadinya, @jokowi, Kamis (14/11).

Berita Terkait : Tinjau Lokasi Banjir, Jokowi Terbang Ke Kalsel

Konstruksi jembatan tersebut dirancang insinyur jebolan Institut Teknologi Bandung, Arvila Delitriana. Jembatan membanggakan ini telah tersambung dengan presisi sejak Rabu (13/11). "Bayangkanlah kehebatan konstruksi ini. Membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dan menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380. Selamat kepada PT Adhi Karya Tbk. Selamat kepada Ibu Dina," tulis Presiden.

Jokowi menyebut, konstruksi membanggakan ini menyabet dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar. Dengan tersambungnya salah satu bagian tersulit dari konstruki proyek yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini, proyek LRT ini kian menunjukkan hasil. LRT Jabodebek akan melayani tiga relasi pelintasan, yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi.

Lewat akun twitter resminya, @jokowi juga memberi selamat kepada Adhi Karya dan arsitek perancang jembatan LRT, yang ternyata "produk lokal". "Salah satu bagian tersulit konstruksi jalur LRT Jabodebek, pekerjaan jembatan bentang panjang yang melengkung 148 m di atas flyover Kuningan, Jaksel, sudah tersambung. Selamat kepada Adhi Karya. Selamat juga untuk sang perancang, Ibu Arvila Delitriana, insinyur lulusan ITB," kicau Jokowi.

Berita Terkait : Jokowi Perintahkan BNPB, TNI Dan Polri Segera Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Di Kalsel

Sampai pukul 15.000, unggahan Jokowi ini sudah disukai 12 ribu dan dikomentari warganet. Netizen bangga dengan capaian ini. Terutama bangga kepada sang perancang bangunan.

"Bangga denhan karya anak bangsa. Jalur LRT Jabodebek Torehkan Rekor Dunia. LRT Jabodebek menorehkan rekor dunia dengan memiliki bentangan jalur yang melengkung terpanjang di dunia Apalagi prosesnya didesain & dikerjakan oleh tenaga ahli dalam negeri," kicau @Aryprasetyo85 senada dengan @buluslg. "Menunjukkan bahwa putra putri bangsa kita sudah bisa menjadi andalan sehingga tidak perlu mendatangkan asing. Congratulation bu. Keren."

Sedangkan @siskalfianti berterimakasih kepada Jokowi. "Mantap pakde, makasih udah bikin masyarakat punya banyak alternatif transportasi hehehe," cuitnya disambut @MoelyonovDjalil. "Selamat untuk semuanya. Semoga selalu membawa manfaat dan berkah bagi seluruh anak bangsa."

Berita Terkait : Jokowi Warning Kelangkaan Kedelai, Mentan Manggut-manggut

Tak ketinggalan, akun resmi Adhi Karya juga nyamber. "Terima kasih Pak @jokowi atas dukungan dan apresiasinya. Semoga ADHI akan terus menciptakan karya terbaik dan selalu berinvonasi untuk membangun negeri," cuit @adhikaryaID. [FAQ]