Kumpulkan Gubernur

Siti Ngajak Ngebut Tangani Masalah Hutan dan Lingkungan

Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (15/11).
Klik untuk perbesar
Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (15/11).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, kemarin, menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di kantornya.

Kegiatan ini dilakukan Siti untuk mendengarkan langsung pemaparan para kepala daerah tentang persoalan lingkungan hidup dan kehutanan di level akar rumput. 

“Saya bertemu untuk mendengarkan langsung, berdiskusi, dan mencari solusi bersama berbagai persoalan di tingkat tapak,” ungkap Siti. 

Berita Terkait : Optimalkan Layanan, KLHK Luncurkan Mobil Pengaduan Lingkungan Pagi Ini

Gubernur yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Maji, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB0 Zulkieflimansyah. 

Siti mengungkapkan, persoalan yang dibahas dalam pertemuan antara lain tentang perencanaan kawasan, Tanah Objek Reforma Agraria (Tora) dan hutan sosial, konservasi, hutan produksi, rehabilitasi hutan dan lahan, pengendalian daerah aliran sungai, kebakaran hutan dan lahan, pencemaran dan pemulihan lingkungan, serta pengelolaan limbah. 

Selain itu, juga membahas mengenai desa-desa di dalam kawasan hutan, kekayaan genetik dan penegakkan hukum lingkungan. 

Berita Terkait : Putri Gus Dur Ajak Organisasi Agama Atasi Masalah Lingkungan

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Maji menilai positif langkah Menteri Siti melakukan pembahasan persoalan lingkungan hidup dan kehutanan. 

Ali terkesan dengan pemaparan Menteri Siti yang menunjukan komitmennya untuk menyelesaikan berbagai persoalan di lapangan dengan cepat. 

“Kalau ada masalah, Ibu Menteri minta segera dilaporkan agar bisa kita selesaikan bersama-sama. Misalnya, permohonan kawasan hutan, koservasi yang belum diselesaikan segera laporkan. Semua harus ditangani bersama-sama, baik pusat, daerah dan stakeholder lainnya,” ungkap Ali. 

Baca Juga : Jalur Sepeda di DKI, Banyak Dibangun Tapi Tak Ada Kebijakan Pendukung

Seperti diketahui, Menteri Siti tengah berupaya memperkuat penindakan pelanggaran hukum di sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Belum lama ini, Menteri Siti melakukan pertemuan dengan Kapolri Idham Azis membahas penyelesaian berbagai persoalan kehutanan seperti pembalakan liar dan kebakaran hutan dan lahan.[FIK]