Menpora Harap Generasi Milenial Tidak Melupakan Tradisi Wayang Kulit

Menpora Zainudin Amali di pagelaran wayang dalam rangkaian HUT Golkar di Jawa Timur. (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Menpora Zainudin Amali di pagelaran wayang dalam rangkaian HUT Golkar di Jawa Timur. (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali berharap para pemuda Indonesia saat ini, anak-anak milenial tidak melupakan kebudayaan warisan asli bangsa seperti pagelaran wayang kulit.

Hal itu disampaikan Menpora saat memberikan santunan anak yatim pada pagelaran Wayang kulit berlakon Wahyu Katentreman untuk memperingati HUT Partai Golkar ke-55 di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

Berita Terkait : Soal Anggaran, Menpora Minta Jajarannya Kedepankan Prinsip Transparansi dan Akuntabel

Menurut Menpora dalam pewayangan agar lebih diminati kaum muda harus ada hiburan tersendiri selain adanya modifikasi tertentu yang bisa menarik minat anak muda. "Adanya hiburan menjadi salah satu daya tarik wayang diminati anak muda," ujar Menpora, Sabtu (23/11) malam.

"Anak-anak milenial kita sudah sangat jauh dari budaya wayang kulit khususnya maka kalau ada hiburannya bisa menarik pemuda selain adanya modifikasi tertentu di wayang tapi tidak keluar dari pakem wayang itu sendiri," ujarnya pada acara wayang kulit yang didalangi Ki Sunaryo ini.

Berita Terkait : Menpora Harap Babel Cetak Karateka Berprestasi Internasional

Menpora berharap pemuda Indonesia tidak melupakan warisan budaya asli bangsa. "Setiap kalimat yang keluar dari dalang itu mengandung nasihat-nasihat yang baik, saya kita sebagai pemuda Indonesia, wayang ini adalah warisan budaya bangsa kita yang harus kita lestarikan," harap Menpora bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga hadir di acara ini. [**]