Kapal Kargo KM Tanto Ceria Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

Kapal Kargo KM Tanto Ceria, terbakar di area Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Kapal Kargo KM Tanto Ceria, terbakar di area Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantu memadamkan Kapal Kargo KM Tanto Ceria, yang  terbakar di area Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (26/11).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Ahmad mengungkapkan, seluruh awak kapal berhasil diselamatkan. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Baik korban luka, ataupun korban jiwa.

Berita Terkait : Sabet Penghargaan IKPA Terbaik, Ditjen PKH Terima Kartu Santri

"Api dengan cepat berhasil dipadamkan, awak kapal juga berhasil diselamatkan. Alhamdulillah, tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Pembasahan dan pengawasan juga masih terus berlangsung," tuturnya.

Untuk membantu memadamkan kapal kargo tersebut, Kemennhub mengerahkan dua kapal patroli Sea and Coast Guard dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Perak, yaitu KNP. Grantin dan KNP 329. Membantu kapal TB Jaya Negara 305. Api pun berhasil dipadamkan pada pukul 09.25 WIB.

Berita Terkait : Salak Pondoh Rutin Diekspor, Kementan Optimis Program GraTiEks Tercapai

"Saya sangat mengapresiasi Quick Response Team (QRT) PPLP Tanjung Perak dan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, yang bergerak cepat dalam membantu kebakaran kapal KM Tanto Ceria. Sehingga, tidak menimbulkan korban jiwa," ujar Ahmad.

“Tindakan dan langkah pemadaman dapat dibilang berhasil (tidak merembet atau membesar)," imbuhnya.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai antara lain bertugas menyiapkan pelaksanaan di bidang patroli dan pengamanan, pengawasan keselamatan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Selain itu, juga melakukan tertib pelayaran, penanggulangan musibah dan pekerjaan bawah air, sarana dan prasarana penjagaan laut dan pantai. [KPJ]